Membaca Data Dari WinLIRC Dengan Lazarus


WinLIRC adalah sebuah paket program yang dapat kita gunakan untuk menerima dan mengirim sinyal standard remote control infra merah seperti remote TV, DVD Player atau yang lain. Jadi kita dapat mengontrol komputer kita dengan remote control infra merah yang kita miliki. Dan, kita juga dapat mengendalikan perangkat elektronik kita menggunakan komputer.

WinLIRC merupakan versi Windows dari LIRC (Linux Infrared Remote Control). So, bagi Anda pengguna Linux dapat memperoleh paket program dari situs tersebut.

Gambar di samping adalah skematik rangkaian penerima inframerah menggunakan sensor TSOP 1738 yang terhubung dengan port serial komputer. Menurut pengalaman saya, sensor model TSOP ini memang lebih baik dibandingkan dengan sensor model yang lain. Jadi saran saya sebaiknya gunakan sensor model TSOP, meskipun rangkaian tersebut juga dapat digunakan untuk sensor model lain seperti Sharp atau model “antah-berantah” seperti yang saya gunakan dalam eksperimen ini. Simak foto berikut ini…😀

Untuk mengaplikasikan WinLIRC memerlukan beberapa langkah mudah yakni:

  1. Buat rangkaian penerima dengan skematik di atas
  2. Download program WinLIRC
  3. Lakukan perekaman sinyal remote control yang digunakan dengan program WinLIRC
  4. Jalankan server WinLIRC
  5. Buat program yang dapat berkomunikasi dengan WinLIRC

Untuk prosedur perekaman sinyal remote control yang menghasilkan file konfigurasi khusus untuk remote control yang kita gunakan, tidak saya bahas disini, silakan mempelajarinya sendiri. Maaf…🙂

WinLIRC menggunakan socket untuk berkomunikasi. Jadi bagi pengguna Windows95 (masih ada gak ya?), maka harus mendownload dan menginstalasi paket program Winsock.

Jika Delphi telah menyertakan komponen TSocketServer dan TSocketClient pada default instalasinya, tidak demikian halnya dengan Lazarus. Komponen TSocketClient harus diinstalasi terlebih dahulu. Paket komponen ini dapat di download di sini.

Komponen ini dibuat dengan Lazarus 0.9.6 yang menggunakan FPC 1.9.8, oleh karenanya proses kompilasi paket komponen ini menggunakan Lazarus 0.9.28 dengan FPC 2.2.4 akan memunculkan kesalahan sebagai berikut:

C:\lazarus\components\sockets\socketclient.pas(262,33) Error: Illegal qualifier
C:\lazarus\components\sockets\socketclient.pas(262,55) Error: Illegal qualifier
C:\lazarus\components\sockets\socketclient.pas(262,77) Error: Illegal qualifier
C:\lazarus\components\sockets\socketclient.pas(262,99) Error: Illegal qualifier

Untuk mengatasi hal tersebut, edit file socketclient.pasbaris 262, dan ubahlah perintah “tmp[1]” menjadi “tmp.s_bytes[1]“. Demikian juga dengan “tmp[2]“, “tmp[3]“, dan “tmp[4]“.

Setelah itu simpan, kompilasi ulang dan lakukan intalasi. Dan selanjutnya kita bisa membuat contoh aplikasi untuk membaca data sinyal dari remote control yang dikirimkan oleh server WinLIRC.

Screenshot disamping adalah tampilan program demo yang berfungsi membaca data remote control yang dikirimkan oleh WinLIRC melalui socket TCP/IP.

Karena program dijalankan secara lokal, maka alamat IP yang digunakan adalah 127.0.0.1 dengan nomor port 8765. Ini adalah nomor port default dari WinLIRC.

Dalam eksperimen ini saya hanya mendefinisikan empat buah tombol saja yakni Up, Down, Left, dan Right. Sekedar untuk membuktikan bahwa:

  1. Rangkaian penerima infra merah dan WinLIRC berfungsi dengan baik.
  2. Komponen TSocketClient dapat sukses diinstalasi menggunakan Lazarus 0.9.28 dan FPC 2.2.4
  3. Komponen TSocketClient berfungsi dengan baik dalam program aplikasi.

Dan alhamdulillah eksperimen berjalan dengan baik dengan hasil yang memuaskan.

Anda bisa menggunakan link dibawah ini untuk mendownload program Lazarus yang dibahas dalam tulisan ini.

WinLIRC Demo

( 837 kb )

Selamat belajar!

😀

11 comments

  1. Tius · September 8, 2010

    Wow… mantap. Baru tahu nih tentang WinLIRC. Bisa nggak TSOP1738 diganti dengan seri lain. Misalnya TSOP1538? Apa sih arti dua digit pertama pada komponen TSOP. Trims.

  2. chandramde · September 8, 2010

    Tius:
    Untuk modul sensor inframerah bisa menggunakan tipe apapun asal frekuensi kerjanya masih dalam range frekuensi kerja remote control.

    Arti angka 15 dan 17 pada TSOP1538 dan TSOP1738 saya tidak tahu, hanya saja memang keduanya memiliki sedikit perbedaan seperti ketahanan terhadap gangguan dari berbagai jenis cahaya dan konsumsi daya.

    Kalau 2-digit terakhir itu menyatakan frekuensi kerjanya. Jadi TSOPxx38 = 38kHz, TSOxx40 = 40kHz, dan lain-lain.

    Demikian, Mas Tius.😀

  3. Tius · September 8, 2010

    Terima kasih mas Chandra. Saya punya TSOP1538, nanti saya coba deh, mudah2an bisa. Nanya lagi, bisa nggak data pembacaan dari WinLIRC disimpan di mikrokontroler. Jadi nanti remote bisa dibaca juga pake mikrokontroler.

  4. ElektroUinSuska · September 8, 2010

    menurut mas, untuk menjadi ahli di bidang ini. Apakah harus tau dasar2 nya?
    Maksud saya dasar dari pendidikan menengah atas yaitu IPA.

    Trims

    • chandramde · September 17, 2010

      Menurut saya, untuk menjadi ahli memang harus menguasai dasar-dasarnya sehingga mampu mengaplikasikannya. Akan tetapi saya pikir tidak harus jadi orang IPA untuk bisa menguasai elektronika. Jurusan IPA memang banyak mempelajari dasar-dasar fisika, kimia, dan matematika yang memang menjadi landasan pokok dalam menguasai dasar-dasar elektronika. Akan tetapi untuk keperluan praktis, seringkali tanpa pengetahuan dasarpun bisa merancang ataupun memperbaiki peralatan elektronik.

      Belajarnya pake metode UndurUndur.Net saja, kalo mentok dengan suatu istilah, baru mundur mencari tahu dari berbagai situs di internet.

      Gitu deh. Selamat belajar!😀

  5. tresna · September 16, 2010

    wowowow,,,,,
    tambah mantabs aja nih blognya😀

  6. chandramde · September 17, 2010

    Tresna:
    Wow, wow, wow…
    Bikin keki aja nih komentarnya, hihihi…😀

  7. leon · Mei 26, 2011

    software winlirc ini harus menggunakan remote khusus atau remote TV y biasa agar bisa digunakan??? mohon dijawab ^_^

    • chandramde · Mei 26, 2011

      Halo, Leon. Segala remote bisa digunakan dengan WinLIRC. Banyak banget koleksi tipe remote TV, VCD, DVD, dll yang masuk dalam daftar library remote WinLIRC. Dan asiknya lagi, kita bisa bikin library sendiri untuk remote kita yang belum masuk daftar remote WinLIRC.

      Demikian, Mas Leon. Semoga bermanfaat😀

  8. leon · Juni 6, 2011

    woh berarti multi fungsi donk semua remote bisa…. jd tidak bergantung pada tsop nya hmmm bg admin saya juga coba ni hardwarenya mau coba buat,,, pertanyaannya kendala dalam pembuatan hardware nya apa saja sih??? terus kendala dalam pengkoneksian dari hardware ke software winlirc apa saja?? mohon dijawab bg admin ^_^

  9. erika mertens · Juli 8, 2011

    The download link is not working.
    Is the WinLIRC Demo file still available,please?
    Thank you.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s