Rancangan Panel Inverter Toshiba 5,5kW Dalam Satu Halaman


Variable Speed Driver atau Inverter merupakan salah satu komponen IA (Industrial Automation) yang digunakan untuk mengatur kecepatan putaran motor induksi tiga fasa. Beragam merek tersedia seperti Toshiba, Yaskawa, Schneider, LG, Fuji, dan lain-lain.

Dengan menggunakan inverter, selain kita dapat mengatur kecepatan putaran motor dengan cara mengatur frekuensi keluaran inverter, kita juga dapat mengatur arah putaran motor, dan melakukan penghematan energi. Pada aplikasi tertentu seperti aplikasi blower misalnya, penghematan energi anual dampak dari penerapan inverter cukuplah signifikan.

Tapi di sini saya tidak akan membahas tentang inverter, saya hanya ingin berbagi rancangan panel inverter untuk motor induksi tiga fasa. Kebetulan saja inverter yang saya gunakan adalah merek Toshiba tipe VFS11-4055PL untuk motor induksi 5,5kW.

Berikut adalah gambar rancangan panel inverter tersebut. Cukup ringkas karena hanya satu halaman saja meliputi gambar rangkaian kontrol, rangkaian daya, layout terminal, dan nilai setting parameter inverter.

Tentu saja saya menyediakan file rancangan tersebut dalam format PDF bagi Anda yang berminat. Sedianya file tersebut saya upload ke server file hosting gratisan yang saya miliki, akan tetapi gagal-gagal melulu. Jadi silakan menulis komentar di bawah postingan ini, dan saya akan mengirimkan filenya ke alamat email Anda.

Update
Sekarang Anda tidak perlu menulis komentar untuk mendapatkan file rancangan tersebut. Anda dapat download melalui link berikut ini: Rancangan Panel Inverter Toshiba 5.5kW

Selamat belajar!

😀

81 comments

  1. soni · Agustus 12, 2010

    Pagi pak chandra , boleh gak minta file pdfnya .terima kasih

  2. chandramde · Agustus 12, 2010

    soni:
    Selamat pagi Mas Soni. File telah saya kirim ke alamat email Anda.

    Selamat belajar!😀

  3. Ping-balik: Inverter Toshiba’s 5,5 KW Panel Design | docircuits.com
  4. maman · Agustus 21, 2010

    malam pa, boleh gak minta file pdfnya. ma kasih

  5. budi · September 15, 2010

    malam pa, boleh gak minta file pdfnya, saya sangat membutuhkannya.trimakasih

  6. sugik · Oktober 6, 2010

    saya minta file pdfnya ya pak
    thanks

    regards
    sugik

  7. Agus · Oktober 9, 2010

    Salam sukses pak, terimakasih atas informasinya. tolong kirimkan ya pak

  8. Jhony · Oktober 11, 2010

    Malam Pak Chandra,Saya minta file pdfnya terima kasih.

  9. Bayi Muhammad · Oktober 16, 2010

    Assalamualaikum pa, Boleh saya minta file nya, terima kasih sebelumnya

  10. abdun · Oktober 23, 2010

    maaf pak saya bisa minta file pdf nya ngga.trims

  11. abdun · Oktober 23, 2010

    mlam pak candra maaf sebelumna pak saya bisa minta file pdf nya bsa ngga.trims

  12. muhammad darmawan · Oktober 29, 2010

    assalamualaikum pak, minta tolong, saya minta file pdfnya pak. terima kasih pak atas bantuanya.

  13. arik · Oktober 30, 2010

    Malem pak Chandra, terimakasih atas info2nya, pak kami perlu tambahan ilmu boleh minta file pdf nya,sukses selalu buat pak Chandra.

  14. chandramde · Oktober 30, 2010

    Maman, Budi, Sugik, Agus, Jhony, BM, Abdun, Darmawan, dan Arik:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.
    Mohon maaf jika ada keterlambatan respon.

    Selamat belajar!😀

    • Rachmat · November 2, 2013

      Bgmn cara menentukan penggantian merk china ke toshiba apakah daya wattnya disamakan atau di +/- trimakasih

      • Chandra MDE · November 4, 2013

        Selamat pagi.
        Jika mengganti inverter buatan Cina dengan inverter Toshiba, maka yang perlu diperhatikan adalah daya motornya. Untuk merk Toshiba, kita bisa menggunakan inverter 1HP untuk motor 1HP. Tapi tidak demikian halnya untuk inverter Cina. Untuk motor 1HP, saya akan gunakan inverter Cina 1,5-2HP.
        Demikian, semoga dapat membantu.

  15. ifang · November 1, 2010

    siang pak chandra, saya mau tanya klo Toshiba tipe VFS11-4055PL bisa didapat dimana (daerah sby)? kira2 brapa harganya? trus klo saya mau mengontrol arus/ teg AC (misal untuk pengendali heater) dengan input sinyal PWM dari mikro, bentuk rangkaiannya kira2 seperti apa yang mudah dan murah? trims atas bantuannya.

  16. Shugi · November 2, 2010

    Wah bermanfaat banget nih pak..
    Tolong irim ke email saya juga ya Pak..
    Terimakasih.

  17. m. ferry · November 5, 2010

    met sore pak chandra, tolong saya di bantu, saya minta file pdf nya. trims

  18. mpang · November 10, 2010

    pa kabar pa candra?
    kalo PT100 digunakan untuk referensi analog ke inverter seperti apa, jadi ketika suhu naik ataupun turun maka speed dari inverter akan berubah-ubah sesuai dari masukan analog PT100.
    terimakasih sebelumnya.

  19. Nugraha S · November 27, 2010

    Assalamuallaikum Wr.Wb. Salam kenal pa Candra,semoga ilmu yang bapak sebarkan bermanfaat dan di catat oleh Allah SWT jadi amal kebaikan bapa dan keluarga,amiin…,pada kesempatan ini tolong kirim kan file pdf tentang rancangan tersebut di atas.
    terimakasih

  20. hendra · November 27, 2010

    pa kbr pak chandra?
    sekiranya tdk kbratan..bisa mnta tolong kirim file pdf untuk inverter…trima ksih bnyak pak chndra

  21. chandramde · November 28, 2010

    Ifang, Shugi, Ferry, Mpang, Nugraha, dan Hendra:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda. Mohon maaf jika ada keterlambatan respon.

    Semoga bermanfaat dan selamat belajar!😀

  22. Habudin hassan · Desember 1, 2010

    Malam pak!salam kenal…
    pakabar pak!!apabila tidak keberatan boleh saya minta tolong kirim file pdf nya saya membutuhkannya,
    Terimaksih

  23. wahyu · Desember 8, 2010

    pak, boleh minta file pdf’nya g’????????

  24. faza · Januari 12, 2011

    pak, saya tertarisk dengan artikel ini, kebetulan saya lagi mempelajari vsd. mohon kirim ke email sy ya pak, untuk itu makasih…

  25. naldy · Januari 28, 2011

    pak minta tolong… file pdf nya aku minta…??? trimakasih..

  26. Muhammad Makin · Februari 7, 2011

    Assalamualaikum pak candra, saya minta file pdf nya ya pak, sekalian saya mau tanya kalo satu inverter untuk mengontrol 2 motor atau lebih bisa gak ya ? tlg jawab ya pak, terimakasih sebelumnya

  27. Romi · Februari 14, 2011

    Met sore pak..boleh minta file fdf nya pak?

  28. yansnoer · Februari 16, 2011

    Malam pak chandra, saya mau tanya klo Toshiba tipe VFS11-4055PL bisa didapat dimana (daerah bdg)? kira2 brapa harganya? boleh saya minta file pdf nya? thk’s

  29. didi · Februari 24, 2011

    saya ingin belajar tentang inverter, boleh minta file pdf nya, makasih sebelumnya.

  30. Smandung · Maret 8, 2011

    Pak boleh minta filenya, terima kasih sebelumnya

  31. anjar · Maret 24, 2011

    salam kenal pak candra,boleh ndk saya minta file pdf nya?trima kasih pak

  32. febrio · Maret 26, 2011

    Pagi pak..
    Aq lg mempelajari inverter, mintak file pdf nya yaa pak

  33. jeff · April 15, 2011

    Salam kenAL pak, Saya mau minta pencerahan tentang Inverter,soal nya saya awam nich,Saya Punya Motor 3 Phase 400W,saya ingin pasang inverter Dengan input 1phase saja dan output nya 3 phase Bisa ga ya,soal nya sebuah mesin jepang yang saya bongkar menggunakan single phase,dan output 3 phase,merk inverter apa yang cocok dengan motor tsb berapa spect nya ? terimakasih

  34. Muhammad Yuliandana · April 16, 2011

    Pak,minta file nya dong,,,
    di lab saya baru beli inverter itu,,
    saya sudah mengikuti manual nya dari paket pembelian tapi masih belum juga bisa aktif untuk 3 phasa
    , terima kasih pak

  35. Asep irfan permana · Mei 3, 2011

    pak, saya punya invertet toshiba VF S11, untu motor 5kw minta cara set para meternya. trima kasih

  36. avril · Mei 30, 2011

    saya juga minta file pdfnya pak…thx

  37. lingga · Mei 31, 2011

    saya minta file pdfnya pak..saya tertarik dengan artikel ini…

  38. heri · Juli 1, 2011

    selamat malam pak,salam kenal
    saya jg mau dikirimi file pdfnya
    trimakasih

  39. komang · Agustus 27, 2011

    jika ada boleh minta gambar sirkuit modul untuk pengatur frekuensi tinggi DC dengan tegangan 220 v.
    thanks…

  40. hari · Oktober 4, 2011

    pak , untuk sebagai ganti input ac pada inverter kan ada input DC , dan yang saya tanyakan berapa tegangan untuk input DC untuk inverter toshiba VF S-11 ? terima kasih pak

    • chandramde · Oktober 6, 2011

      Pak Hari. Mohon maaf sebelumnya, tapi untuk inverter VFS-11 tegangan inputnya adalah AC. Kalau boleh tahu, input DC yang mana yang Bapak maksudkan?
      Terima kasih.

  41. rifqi · November 27, 2011

    pak minta file-nya .trim’s

  42. rian · Januari 12, 2012

    Malam pak.
    Apa kabar pak, salam kenal.
    Boleh saya minta tolong kirim file pdf nya pak.
    Terimaksih

  43. achmad · Januari 24, 2012

    Ass.. minta file pdfnya ya pak, terima kasih

  44. vincent · Januari 30, 2012

    selamat malam pak, boleh minta file pdfny,beserta penjelasan setting parameternya terimakasih

  45. Steven P · Februari 10, 2012

    halo pak chandra, salam kenal.
    saya lagi butuh banget informasi tentang inverter dan skema rangkaiannya. di tempat saya bekerja saat ini baru mulai menggunakan inverter (inverter Toshiba VFS11). saya harap kesediaan pak chandra untuk mengirimkan file pdf nya.

    Terima Kasih sebelumnya.

  46. romy · Maret 14, 2012

    Assalamualaikum pak,
    Boleh saya minta no hp nya ga..
    Trims

  47. Wahib hasbullah · April 6, 2012

    Mas saya mau tanya
    1.dirangkaian mas kan kontaktor digunakan untuk menghidupkankan inverter secara langsung intinya rating arus harus sesuai motor tapi ditempat saya tidak pak suplai dari MCB Langsung menuju inverter tanpa kontaktor,tetapi kita menggunakan kontaktor lebih kecil untuk menghidupkan inverter melalui kendali forward dengan cc,menurut mas efisien mana ?
    2.kok di rangkain mas F connec dengan F 24 bukannya ke CC
    3.di tempat saya bekerja inverter toshiba 3phase,dipasang suplaynya satu phase tapi setelah keluar inverter menuju motor ada 3 phase,kok bisa,apa kah rangkain kapasito banknya diubahya?tapi mo tor berjalan normal ?gimana mas
    5.mas minta rangkaian inverter kendali kontrol motor ,kalau bisa rangkain keseluruhan inverter dari supply ,noise filter,kapasitor dlain2 nd cara perawatannya ?
    Matur nuwun sanget nggih mas

  48. Wahib hasbullah · April 6, 2012

    Lupa dan pdfnya mas ,klau bisa jawabannya lewat emai aja mas kan panjang? Saya sangat membutuhkan pencerahan Anda terima kasih

  49. sinung · April 24, 2012

    minta pak,,,tlng ya,,lgi blajar inverter,,,,bimut30@yahoo.co.id

  50. urang3rut · Mei 10, 2012

    Pagi Pak Chandra boleh saya minta file pdfnya?, kebetulan saya mencari pengendali putaran motor AC. terima kasih

  51. Jhony charles · Juni 1, 2012

    Apa Kabar Pak chandra?
    Sekiranya tdk kbratan..bisa mnta tolong kirim file pdf untuk inverter…trima ksih bnyak pak chndra

  52. rian · Juni 4, 2012

    waahh bermanfaat sekali pak chandra… kebetulan saya sedang membahas tentang vsd, boleh dikirimkan ke email saya juga pak… terima kasih sebelumnya..

  53. ahmad · Juni 5, 2012

    pak tolong dikirimkan file pdfnya kekami, terima ksih yang sebesarbesarnya.

  54. hernawan · Juni 10, 2012

    Dh,
    saya juga boleh minta File PDF nya? terima kasih

  55. Chandra MDE · Juni 13, 2012

    Untuk semua yang telah memberi komentar, saya telah mengirimkan email ke masing-masing alamat. Mohon maaf jika ada keterlambatan respon dan mohon maaf jika ada yang terlewatkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

  56. Haris · Juli 9, 2012

    Sory Mas Chandra,
    kalo ngeliat wiring Panel diatas kok tertulis “Motor 4kW – Star Connection”…
    Bukannya mestinya Motor di connect secara Delta ketika memakai Inverter Mas?
    tolong jelasin jika saya salah…
    Matur nuwun…

    • Chandra MDE · Juli 10, 2012

      Untuk motor dengan tegangan STAR/DELTA = 380V/220V, maka motor harus dihubungkan dengan sumber tegangan 380V untuk hubungan STAR, dan 220V untuk hubungan DELTA. Inverter bermacam-macam. Ada yang outputnya 200V, 220V, dan 380V, bahkan lebih. Rangkaian diatas menggunakan inverter input 3 fasa 380V dan output 3 fasa 380V. Oleh karenanya motor harus dihubungkan secara STAR.

  57. lekgun · Juli 11, 2012

    malm gan saya juga mau tuch file PDF nya lagi myari reperensi buat control motor 3 phase juga nich gan………thanks ya sebelum nya.
    salam lekgun

  58. said · Juli 12, 2012

    manfaat banget…..

  59. Haris · Juli 17, 2012

    Chandra MDE :
    Untuk motor dengan tegangan STAR/DELTA = 380V/220V, maka motor harus dihubungkan dengan sumber tegangan 380V untuk hubungan STAR, dan 220V untuk hubungan DELTA. Inverter bermacam-macam. Ada yang outputnya 200V, 220V, dan 380V, bahkan lebih. Rangkaian diatas menggunakan inverter input 3 fasa 380V dan output 3 fasa 380V. Oleh karenanya motor harus dihubungkan secara STAR.

    Oalah…
    Kirain motornya 380V/380V
    Karena di tempat ane kerja adanya yg begitu, belum ketemu yg 380V/220V.
    Yg ada Motor dari produk Amerika 460V/380V dan dari Jepang 200V/200V ajah…

  60. raziel · Juli 23, 2012

    Wah makasih nich buat infonya….
    Ngebantu banget…
    Ngomong2 saya boleh dikirimin jga ga pdfnya ke email saya..
    Trims

  61. slamet · November 22, 2012

    boleh minta filenya nggak

    • Chandra MDE · November 23, 2012

      Silakan, bisa langsung diunduh melalui link yang sudah disediakan.
      Terima kasih, semoga bermanfaat.

  62. slamet · November 23, 2012

    mas tolong dong kirim file nya saya lagi butuh

    • Chandra MDE · November 23, 2012

      Silakan, bisa langsung diunduh melalui link yang sudah disediakan.
      Terima kasih, semoga bermanfaat.

  63. kardi · April 13, 2013

    Yth. bp.Chandra
    apakah inverter toshiba selain mengubah kecepatan putar motor induksi, juga dapat mengubah phase listrik? motor induksi saya 3phase 1,5kW , sedangkan listrik rumah saya 1phase, apakah dengan inverter tersebut dapat menjalankan motor induksi dengan aman?
    kalau bisa , berapa biaya draft utk rancang tsb.
    Terima kasih
    kardi

    • Chandra MDE · April 14, 2013

      Bapak Kardi, jawaban sudah kami kirim melalui email.
      Kami menunggu kabar baik dari Bapak.
      Terima kasih.

  64. agus · April 29, 2013

    om saya mau beli iverter untuk mtor induksi 4kw.dulunya pke variable cmn krena rusak.pgen sy ganti inverter.untk 4kw inverternya bgusnya brapa kw ya?

    • Chandra MDE · April 30, 2013

      Untuk motor 4kW, bisa digunakan Inverter dengan kapasitas 4kW (kalau produk top seperti Toshiba, Scneider, dll)
      Tapi kalau pakai inverter cina, sebaiknya gunakan kapasitas yang lebih besar misalnya 5kW atau 7,5kW.
      Jika selisih harga tidak terlalu besar, lebih bijaknsana menggunakan Inverter dengan kapasitas yang sedikit lebih besar.

  65. Kangdol · Mei 22, 2013

    Sip gan

  66. Martinus Setiabudi · Juni 25, 2013

    Pak Chandra, kalau pesan rangkaian inverter tsb di atas harganya sampai berapa? apakah Pak Chandra melayani pemasangan sampai di luar kota?

    • Chandra MDE · Juni 25, 2013

      Selamat pagi. Mohon diinformasikan spesifikasi kebutuhan sistem Bapak beserta nama dan alamat lengkap serta nomor telpon melalui email ke info@teknikelektrolinks.com
      Terima kasih.

  67. Didik · Oktober 30, 2014

    Assalamu’alaikum wR wB. Mas Chandra apa kabar. Salam kenal, saya Didik. Kebetulan saya ingin diskusi tentang inverter dengan sampean. Kalau boleh mohon dikirimi nomor telepon ke alamat email saya. Saya juga berminat pdf dari artikel diatas. Suwun.

Tinggalkan Balasan

