ATtiny2313 Experimenter Board 1.0


Kurang lebih 4 tahun yang lalu ketika pertama kali bermigrasi dari AT89S8252 ke AVR, saya membuat sebuah Experimenter Board sederhana untuk ATtiny2313. Tak lain tujuannya untuk memudahkan proses belajar.

Tak banyak fitur yang dimiliki board ini, hanya 8 buah LED sebagai keluaran, 4 buah tombol sebagai masukan, port serial RS232, 2 buah power-port 5V, dan header untuk menghubungkan port I/O mikrokontroler ATtiny2313 ke rangkaian luar. Nah berikut adalah gambar layout PCB-nya.

Dimensi PCB kurang-lebih adalah 14 x 7 cm. Tegangan suplai adalah 9-15V AC yang didapat dari sebuah transformator CT. Layout PCB yang hanya single-layer membuatnya mudah untuk dibuat sendiri di rumah oleh siapapun. Jalur-jalur merah adalah jumper yang bisa dibuat menggunakan kabel engkel kecil.

Berikut adalah foto ATtiny Experimenter Board 1.0 yang sampai saat ini masih sering saya gunakan untuk bereksperimen.

Layout PCB ATtiny2313 Experimenter Board 1.0 ini GRATIS bagi Anda yang menginginkannya. Silakan menulis komentar pada postingan ini dan saya akan mengirimkan file layout PCB dalam format PDF siap cetak ke alamat email Anda.

Selamat belajar!

😀

57 comments

  1. elektrounhas · Juni 28, 2010

    kalo boleh tahu kegunaan dari alat ini untuk apa saja??

    • soe · Maret 17, 2011

      sebelumnya salam kenal. . .
      artikel yg saudara posting sangat berguna dan bermanfaat buat saya pribadi. . .
      sudi kiranya saudara berbagi layout PCB kepada saya. . .

      matur nuwun, . .

  2. chandramde · Juni 29, 2010

    elektrounhas:
    Salah satu kegunaan Experimenter Board ini adalah untuk bereksperimen dengan mikrokontroler ATtiny2313. Pada board tersebut terdapat 8 buah LED untuk bereksperimen dengan port keluaran. Selain itu terdapat juga 4 buah Tombol untuk bereksperimen dengan port masukan. Ditambah lagi adanya port RS232 yang langsung dapat dihubungkan ke komputer untuk bereksperimen dengan komunikasi data serial dan untuk monitoring/debugging.

    Demikian, Mas.😀

  3. zaki · Juni 29, 2010

    wah bisa buat belajar progam juga nih mas….
    bisa q bikin minta layoutnya ya mas…
    makasi buanyak….

  4. zaki · Juni 30, 2010

    mas minta layoutnya….
    makasi ya mas….

  5. eljut · Juli 3, 2010

    wah boleh kirim tuh layoutnya.

  6. hilmi yulianto · Juli 4, 2010

    saya tertarik dengan boardnya,

  7. imamm · Juli 4, 2010

    wahhhhhhhhh

  8. sulikan · Juli 4, 2010

    mas aku ingin sekali belajar,mintak dong layoutnya.makasih!

  9. chandramde · Juli 5, 2010

    supriadi, zaki, eljut, hilmi, imamm, sulikan:
    File layout telah saya kirimkan ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!😀

  10. sigit · Juli 8, 2010

    TERYATA ITALIA NGGAK KALAH JUGA DENGAN TEKNOLOGI YANG DIMILIKI AMERIKA DAN JEPANG,
    KAPAN NI INDONESIA BISA NYIPTAIN SOFWARE ATAU ALAT YANG BISA DI AKUI OLEH DUNIA
    BAHWA INDONESIA JUGA BISA.

  11. balaclafa · Juli 10, 2010

    Patut untuk dicicipi tuh mas, bisa minta layout PCB dan mungkin juga script untuk monitornya mas.. saya jadi pingin belajar micro lagi yang sudah belasan tahun ditinggal he he he.

  12. mimi · Juli 16, 2010

    mas, saya minta dong layoutnya trmksh

  13. @Yoko · Juli 16, 2010

    mantap nih, single layer lagi.. send juga ya om.?
    klo untuk aplikasi running tex dot matrix 7×5 bisa gak ya.?
    thanks n salam sukses slalu..

  14. chandramde · Juli 20, 2010

    sigit, balaclafa, mimi, Yoko:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!😀

  15. sentosa · Juli 20, 2010

    wah.. bagus juga tuh.. kalo di email thanks banget..

  16. chandramde · Juli 20, 2010

    sentosa:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!😀

  17. Febrian Nugroho · Juli 30, 2010

    salam kenal mas. saya bisa minta layoutnya mas? soalnya kebetylan saya juga lagi ada proyek pake mikro attiny2313, padahala saya belum pernah mengenal mikro seri itu. sekalian nanya, board itu bisa langsung buat pemrogaman mikro ga mas? terus mas pake software apa untuk download listing program ke mikro itu? makasih mas, sebelumnya.🙂

  18. chandramde · Agustus 2, 2010

    Febrian:
    Salam kenal juga. File layout telah saya kirim ke alamat email Anda.
    Untuk downloader-nya saya menggunakan STK200 dan SPI Programmer 3.7. Bisa Mas Febri lihat di sini: https://telinks.wordpress.com/2010/05/14/spi-flash-programmer-37/

    Selamat mencoba!

  19. maulana · Agustus 10, 2010

    Salam kenal saya maulana dari bekasi saya ingin sekali menguasai mikrokontrol tapi saya bingung cari gurunya, karna saya juga sibuk kerja. Kalau modul yang ini guna buat apa saja? Boleh dong kirim layoutnya.
    Terima kasih

  20. chandramde · Agustus 10, 2010

    maulana:
    File telah saya kirim ke alamat email Mas Maulana.

    Selamat mencoba!😀

  21. didik · Agustus 18, 2010

    mintak dong layoutnya.makasih!

  22. chandramde · Agustus 19, 2010

    didik:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!😀

  23. moh. muhadi · Oktober 13, 2010

    maaf baru nemuakan alamat ini, sangat membantu terutama bagi saya yang baru belajar. tlg layout dan skematiknya bos

    • chandramde · Oktober 14, 2010

      Salam kenal, Mas Muhadi. File telah saya kirim ke alamat email Mas.

      Selamat mencoba!😀

  24. Levo · Oktober 14, 2010

    wuaah,,,akhirnya menemukan halaman ini ,,
    hhe,,
    lagi butuh banget ne pak layoutnya untuk praktek murid2 saya di sekolah,,,,
    oya ada contoh listing program yg pake CVAVR ga pak??

    email saya : fadilah4@gmail.com

    • chandramde · Oktober 14, 2010

      Salam kenal, Mas Levo. Saya akan senang sekali jika memang board ini bisa digunakan dalam praktek di sekolah Mas. Untuk contoh program insya Allah saya bisa membantu, Mas Levo bisa langsung menghubungi saya lewat email atau SMS ke (0341)9857624.

      File telah saya kirim ke alamat email Anda.

      Selamat mencoba!😀

  25. levo · Oktober 22, 2010

    Terima kasih mas chandra ,file sudah saya terima berikutnya via email saja ya?saya mau tanya2,,, 😀

  26. yordan · Oktober 25, 2010

    mas candra, saya juga mau belajar membuat experimental board namun buat PIC 18F4550 karena kemudahan pada koneksi USB nya, kalau boleh saya minta dikirimi schematic nya ,oya kalau mau membuat experimental board itu minimal ada apa saja di boardnya mas? terima kasih buat jawabannya. . . .

    • chandramde · Desember 3, 2010

      PIC adalah mikrokontroler yang menurut pengalaman saya dalam mengaplikasikan mikrokontroler di lingkungan industri adalah yang terbaik. Namun untuk saat ini saya lebih memilih AVR dan MCS51 karena relatif lebih murah dan mudah didapatkan.

      Experimental board, semakin komplit semakin baik.

      Selamat berkarya!😀

  27. valentina · Oktober 30, 2010

    mas..mau donk layout attiny 2313 nya.
    aku lagi bikiin proyek akhir pake mikrokontroller ini..
    skalian ma komponen2 apa aj yah yg harus dibeli..
    maksih mass….
    tolong bgd ya
    dummasari.rahel@yahoo.com

  28. valentina · Oktober 30, 2010

    mas chandra kirim ke valentinarahel@gmail.com aja boleh yaaaa.
    heheee…..

  29. levo · November 12, 2010

    mas chandra,,saya boleh minta skematik ma daftar komponenya gak??
    saya rada bingung jelasin skematiknya….
    terima kasih sebelumnya,,,
    boleh dikirim fadilah4@gmail.com

  30. grand · November 18, 2010

    => bro minta layoutnya….????

    =>kalo ada minta list programny buat jam digital(sevent segment)?????

    tlong kirim ke grand2512@gmail.com
    thx sblume bro…

  31. Masbro · November 19, 2010

    Mas yang ini juga mau donk.. klu gak repot tolong kirimkan ke email sy ya..

    <Makasih Mas Chandra.

  32. Artha · November 24, 2010

    Matap pak, development board alternative bagi yang sungguh2 ingin belajar..mohon dikirimkan file pcbnya pak..matur nuun..

  33. ricky · November 30, 2010

    iya mas..
    saya minta gambarnya,,
    kalo bsa sama programnya ya?
    trims…

  34. chandramde · Desember 3, 2010

    Ricky, Artha, dkk:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing. Mohon maaf jika ada keterlambatan respon.

    Selamat belajar!😀

  35. joko · Desember 26, 2010

    mas,ak minta layout nya y skalian progam ny buat belajar mikro.matur nuuwun mas.

  36. Lian Nitasari · Desember 29, 2010

    mas,sya boleh minta layout+programnya?? emailnya winnie_Ly@yahoo.com
    soalnya saya mau belajar mikro..
    terima kasih sebelumnya mas

  37. chandramde · Januari 1, 2011

    Joko dan Lian:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!😀

  38. Zakaria · Januari 21, 2011

    Mas saya minta juga scematik + pcb layout + daftar komponennya, emailkan ke : abizach@yahoo.com
    Matur nuwon yo mas…

  39. rofi · Februari 1, 2011

    mas aku juga minta layoutnya. thanks

  40. Ade · Februari 1, 2011

    Wah…..mantaf nich….ini yg dicari saya lg mulai belajar dasar pemrograman attiny
    Minta Layoutnya Bos…. sekalian tutorialnya.
    Bos kerja rangkian ini menggunkan attiny kosong lalu download program, kemudian test program secara stand alone tanpa komputer? atau bagaimana ? mohon pencerahan

  41. newbie · Februari 19, 2011

    Trims tuk schemnya

  42. must_hie · Februari 22, 2011

    Mas, mau juga tuh PCB + layout ATtiny2313 Experimenter Board 1.0nya,
    sekalian nanya STARDUINO itu perlu bootloader apa bisa langsung dipakai?
    makasih

  43. Hasani · Februari 26, 2011

    mas….
    tolong minta layout nya donk….
    saya mau buat alat nih yg perlu ATtinny2313…
    sangat terbantu kalau da layoutnya…

    trima kasih sbelumnya…..

  44. kazu_shiddiq · Maret 8, 2011

    Mas, saya mau minta file layoutnya juga,
    terimakasih sebelumnya,

    sy diminta membuat board arduino untuk AVR8 20pin,

    apa bedanya dengan membuat sismin biasa y mas?

    salam
    shiddiq

  45. Putri · Maret 11, 2011

    Mas, mau juga tuh PCB + layout ATtiny2313 Experimenter Board 1.0nya
    makasih sebelumnya mas..

  46. Avic · Mei 8, 2011

    mas gan top banget artikelnya…

    boleh tuh dikirim, bru beli at tiny nih.. heee pengen segera coba

  47. wahyu · Mei 27, 2011

    klo pesen minta dibikinin bisa ndak, sekalian tutorial penggunaanya? thanks

  48. wahyu · Juli 22, 2011

    Mas…bisa minta lay outnya dong..PCB + layout ATtiny2313 Experimenter Board 1.0nya saya pingin belajar…pingin segera mencoba..emailkan ke:w4hyoe_rf80@yahoo.com
    ..terimakasih

  49. optimmete · Juli 31, 2011

    5 основных диет в лечебных учережденияхнет результатов от коктейля энерджи диетэффективные диеты – отзывыдиета для раковкак правильно качать мышцы и какую диету надо соблюдатьбелло-от похуденияесть ли антицеллюлитный тренажеррецепты блюд по безуглеводной диетефото блондинок с лишним весоипоиск амела и липа для похуденияможно ли согнать лишний вес штаногойбыстрые диеты как быстро скинуть вессуп для похуденкулинарные рецепты и диеты – для вас – сбалансированное питаниеврача диетолога вдиета – похудение ноггидронефроз почки послеоперационная диетабриджи для похудения опыт использованиямеры по снижению инвестиционного рискаантицеллюлитная банка

  50. Wawan · Mei 1, 2012

    Mas mau dunk board experimental at tiny2313nya, kemaren sempat belajar atmega16 mau coba untuk yang attiny, atmega16 nya harganya cukup mahal sekarang, terima kasih mas sebelumnya… please dikirim ke email ya, kalau boleh gambarnya di mirror soalnya saya biasa bikin PCBnya pake metode transfer paper..

  51. ziqqqu · November 6, 2012

    menarik juga nih. bisa buat belajar mikro at Tinny. boleh minta donk pcb layout + skematiknya sekalian buat attiny2313 experimenternya

  52. tony priyya · September 26, 2013

    tolong send ke email saya gan, buat coba-coba program attiny 2313….makasih.

  53. tony priyya · Maret 19, 2014

    mas minta layoutnya ya…ke paijoabizz@gmail.com
    makasih sebelumnya….

Tinggalkan Balasan

