Menghitung Resistansi Menggunakan Program Kalkulator Resistor


Menghitung nilai resistansi merupakan salah satu kemampuan dasar dalam belajar elektronika. Sampai saat ini saya masih menggunakan ‘jembatan keledai‘ untuk menghafal nilai kode warna resistor ketika memberikan pelajaran dasar elektronika. Co-Me-O-Ku-Hi-Bi-Vi-A-P dengan korelasi nilai 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan warna Hitam adalah Nol. Cukup efektif untuk menghafal nilai kode warna resistor. Tak lupa pula saya berikan file kode resistor yang diterbitkan oleh Electronix Express. Berikut adalah gambar kode warna resistor dari Electronix Express.

Nah, kebetulan saya sedang giat-giatnya mempelajari kembali pemrograman komputer, khususnya dengan kompiler dan interpreter open-source. Saat ini saya mendalami Lazarus dan Python. Saya merasakan produktivitas saya meningkat cukup tajam dengan Lazarus dan Python. Cukup tajam untuk ‘memenggal’ bahasa C/C++ yang biasa saya gunakan dan memasukkannya ke dalam Recycle Bin.πŸ˜€

Karena cara terbaik belajar pemrograman adalah dengan berlatih membuat program, maka saya pun membuat program kalkulator resistor berdasarkan tabel di atas. Mudah-mudahan program sederhana ini dapat memberi manfaat kepada kita sekalian. Berikut adalah tampilan program kalkulator resistor yang saya buat menggunakan Lazarus 0.9.28 dengan kompiler FreePascal 2.2.4.

Pengoperasian program ini juga sangat mudah, cukup memilih warna pada Resistor Band Color Studio dengan menggunakan mouse dan nilai resistansi akan dihitung dan ditampilkan secara otomatis. Program ini dapat menghitung nilai resistansi untuk dua model resistor yakni resistor dengan 4 pita warna dan dan resistor dengan 5 pita warna.

Program ini GRATIS bagi Anda yang menginginkannya. Anda dapat mengunduhnya melalui download link berikut ini:

Resistor Calculator.Rar

Silakan menulis komentar pada kolom komentar dibawah postingan ini jika Anda menyukai program ini atau jika Anda memiliki saran untuk perbaikan program ini.

Selamat belajar!

πŸ˜€

130 comments

  1. Tius · Juni 25, 2010

    Halo bos… mau dong softwarenya. Kasih link nya yah… Trims.

  2. chandramde · Juni 25, 2010

    Tius:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  3. ade chandra · Juni 25, 2010

    mas,tolong ya dikirim programnya sepertinya menarik…makasih ya mas…

  4. chandramde · Juni 25, 2010

    ade chandra:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  5. supriadi · Juni 25, 2010

    kayaknya bagus nih untuk dicoba!!
    minta dikirimkan dong!!!thanks

  6. okki · Juni 25, 2010

    Mas….tolong donk dikirimin programnya. Terimakasih

  7. chandramde · Juni 26, 2010

    supriadi dan okki:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  8. afdi · Juni 29, 2010

    mas ikutan donk kirim softwarenya…sepertinya menarik untuk buat belajar….
    terima kasih

  9. chandramde · Juni 29, 2010

    afdi:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  10. pandu · Juni 29, 2010

    mas mau donk .. heheu

  11. aziz · Juni 29, 2010

    mas saya juga mau program kalkulator resistornya

  12. chandramde · Juni 30, 2010

    pandu, aziz:
    File program telah saya kirimkan ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  13. asaloy · Juli 1, 2010

    kirimin dong mas…soale dibutuhkan banget didunia elektronika…makasih

  14. chandramde · Juli 1, 2010

    asaloy:
    File program telah saya kirimkan ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  15. poedjo · Juli 5, 2010

    Mas Chandra, boleh juga program kalkulasi resistor tolong kirimi ke email saya ya, terimakasih sebelumnya

  16. chandramde · Juli 5, 2010

    poedjo:
    File program telah saya kirim ke alamat email Mas Poedjo.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  17. roy · Juli 5, 2010

    kak kirimin ke email saya juga donk, kalo bisa juga sekalian source codenya juga yah , terima kasihπŸ™‚

  18. chandramde · Juli 5, 2010

    roy:
    File program telah saya kirim ke alamat Mas Roy.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  19. supralova · Juli 9, 2010

    Wah mantap…
    saya dikirimi ya pak…
    TrimsπŸ™‚

  20. Avistovero · Juli 9, 2010

    mas membantu banget buat praktikum, mau mas parogramnya trims kirim ke e-mail saya saja mas trimakasih

  21. sodikin · Juli 12, 2010

    om kirimin deh kalkulator resistornya sama aku semoga berguna bagi saya dan menjadi amal buat oom

  22. asep · Juli 14, 2010

    mas saya juga mau donk,bwt jadi simple

  23. electroclass · Juli 14, 2010

    wah sepertinya bermanfaat buat saya yang baru saja mempelajari elektronika.
    bolehkah minta softwarenya pak?

  24. dante · Juli 15, 2010

    kak tolong kirimin dong

  25. ajiib · Juli 16, 2010

    wah…menarik sekali
    bagus untuk alat pembelajaran elekt
    tolong di kirim dong ^_^

  26. chandramde · Juli 17, 2010

    supralova, Avistovero, sodikin, asep, electroclass, dante, ajiib:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  27. mardy · Juli 17, 2010

    ok baget mas ilmunya ,semoga ilmu yang telah mas sampaikan selalu di ingat para pencita electronik.jangan lupa mas di kirimkan ya mas

  28. chandramde · Juli 17, 2010

    mardy:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  29. haey · Juli 19, 2010

    om mau dong kalkulator resistornya?

  30. eri · Juli 19, 2010

    om kirim dong kalkulator resistornya?

  31. chandramde · Juli 19, 2010

    haey, eri:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  32. cleverin · Juli 19, 2010

    gan tlg kirim kalkulatorny donk?

  33. wahyu · Juli 20, 2010

    pak saya juga mau di kirimin kalkulator resistornya

  34. chandramde · Juli 20, 2010

    cleverin, wahyu:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  35. Ari · Juli 20, 2010

    mas, tolong saya kirimkan file program kalkulator resistornya.. thanks

  36. chandramde · Juli 20, 2010

    Ari:
    File program telah saya kirimkan ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  37. misbah · Juli 22, 2010

    Wah menarik sekali ada software pembaca resistor,,,,,,Kalo boleh saya minta program softaware nya pak buat belajar elketronika dan memasang-masang resistor di PCB,,,itung-itungan.

  38. chandramde · Juli 23, 2010

    misbah:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  39. fredy · Juli 23, 2010

    mksih udh bisa membantu saya yang udh lama gk pelajari ttg warna resistor, sx lg tq.

  40. Dimas Aditya · Juli 29, 2010

    asyik tuhh.. kirimin dong

  41. chandramde · Juli 31, 2010

    fredy, Dimas Aditya:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  42. arya · Agustus 1, 2010

    Bagus bgt untuk belajar elektronika nih…. tolong kirim file progaramnya ya.. mas

  43. zaenalmutaqin · Agustus 1, 2010

    mas kirimain donk software y, pnasaran neehh..

  44. chandramde · Agustus 2, 2010

    arya, zaenal:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  45. zamzamy · Agustus 3, 2010

    boleh nie…..
    pengen nyoba sopwere sampen buat anak2 yng lg blajar basik elektric bos….
    kl bleh dikirim ya bos….

  46. chandramde · Agustus 3, 2010

    zamzamy:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  47. deni · Agustus 9, 2010

    jenius banget mas… solut…

  48. giarto · Agustus 9, 2010

    bos..program bagus-bagus tapi saya masih belajar…mohon bimbingan..

  49. chandramde · Agustus 10, 2010

    deni, giarto:
    Saya kirimkan file program ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  50. yordan · Agustus 12, 2010

    wah ilmunya bagus banget mas, saya boleh minta file programnya tidak, akan saya gunakan untuk pembelajaran adik2 saya yang ada di semester 1 yang masih awam dengan elektronika terlebih yang lulusan dari SMA. nuwun. thanks

  51. chandramde · Agustus 12, 2010

    yordan:
    File program telah saya kirim ke alamat email Mas Yordan.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  52. hesbon yufli · Agustus 14, 2010

    mas minta dong programnya

  53. chandramde · Agustus 18, 2010

    hesbon yufli
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  54. frandiku · Agustus 19, 2010

    Mantabz.
    Boleh ikutan minta softwarenya mas…
    Terima kasih.

  55. ANDRY · Agustus 25, 2010

    GOOD TUCH SOFTWARENYA…
    Boleh Gabung Minta Ga…
    Trim’s…

  56. chandramde · Agustus 26, 2010

    Frandiku, Andry:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  57. atmojo · September 3, 2010

    BAgus untuk referensi dan bahan ajar nih.
    Bila berkenan saya minta juga mas.
    terima kasih.

  58. Jimmy · September 6, 2010

    mas bisa minta programnya?

  59. david · September 14, 2010

    wah software nya bagus bgt ya.. apa saya boleh minta,, terimakasih sblm nya..

  60. chandramde · September 16, 2010

    Atmojo, Jimmy, David:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.
    Mohon maaf jika agak terlambat mengirimkannya.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  61. iman fushshilat · September 19, 2010

    Software yg bermanfaat, minta ya mas.
    terima kasih

  62. wardanu · September 19, 2010

    Mantap Pak ,lanjutkan perjuangan. Wslm

  63. chandramde · September 20, 2010

    Iman, Wardanu:
    File program telah saya kirimkan ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  64. sofyan · September 21, 2010

    gan minta kirimin programnya dong…maklum baru belajar,kayanya pake program dulu deh

  65. osx siahaan · September 22, 2010

    kirim la bro !!!!
    mantap nie …

    versi yang laen lg …
    *sebenar’a aq dah punya !!! tp ini versi yg laen …

    kirim ya bro !!!!

    ^___^

  66. atmanss · September 23, 2010

    Halo om mau dong softwarenya.
    Kasih link nya yah… Trims.

  67. pandu · September 26, 2010

    mas minta dong softwarnya

  68. adip · September 27, 2010

    patut dicoba untuk programnya…

  69. chandramde · September 27, 2010

    Sofyan, Siahaan, Atman, Pandu, Adip:
    File program telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  70. budi · September 27, 2010

    menarik sekali , boleh minta file nya . terima kasih

    • chandramde · Oktober 5, 2010

      File telah saya kirim ke alamat email Mas Budi. Maaf kalau terlambat banget kirimnya.

      Selamat mencoba!πŸ˜€

  71. Naufal · Oktober 5, 2010

    asssalamualikum kakak2 yang hadir dan terutama yang punya blog ni + progam tersebut saya mohon tolong kirimkan alamat tersebut saya ingin menekuni hobby saya electronik

    • chandramde · Oktober 5, 2010

      Wa’alaikumsalaam.
      File telah saya kirim ke alamat email Mas Naufal.

      Selamat mencoba!πŸ˜€

  72. andik · Oktober 6, 2010

    asssalamualikum Bos…
    boleh minta filenya bos…??
    aqw tunggu bos kalu boleh

    terimakasih

    • chandramde · Oktober 8, 2010

      Wa’alaikumsalaam. Boleh, file program telah saya kirim ke alamat email Mas Andik.

      Selamat mencoba!πŸ˜€

  73. zainal · Oktober 8, 2010

    mas….q mnta software calculating resistor yang itu dunk mas…buat saya mengajarkan ke anak didik saya….makasih mas…

    blognya sangat bermanfaat….:)

    • chandramde · Oktober 8, 2010

      Mas Zainal, file telah saya kirim ke alamat email Mas. Semoga bisa membantu dalam proses belajar-mengajar. Boleh juga kapan2 di-sharing di sini hasilnya.

      Terima kasih dan semoga bermanfaat!πŸ˜€

  74. sri-zal · Oktober 9, 2010

    mas… sofwarenya tolong dikirim ya… buat pembelajaran model baru sama siswa…. makasih…

    • chandramde · Oktober 10, 2010

      Program telah saya kirim ke alamat email Mas Sri-zal. Semoga bisa mendukung metode yang sedang Mas terapkan.

      Semisal ada usulan mengenai pengembangan program tersebut atau usulan program-program yang lain, silakan disampaikan, semoga saya dapat membantu.

      Terima kasih dan selamat mencoba!πŸ˜€

  75. Mascottaria · Oktober 11, 2010

    Good job p’ Chandra..!! apalagi untuk edukasi, saya salut buat anda..! Sukses ya.!

    • chandramde · Oktober 12, 2010

      Terima kasih dan sukses juga buat Anda.

      File program telah saya kirimkan ke alamat email Anda.

      Selamat mencoba!πŸ˜€

  76. Ahmad Rokhmani · Oktober 16, 2010

    wah,saya suka sekali!!! dan sangat membantu saya

    • chandramde · Oktober 16, 2010

      Assalamu’alaikum, Mas Ahmad.
      File program telah saya kirim ke alamat email Anda.

      Selamat mencoba!πŸ˜€

  77. mukti · Oktober 21, 2010

    Assalamu’alaikum wr wb

    Filenya pasti berguna untuk siswa2..disekolah..
    kirimin donk filenya…

    thanks,
    muk

    • chandramde · Oktober 21, 2010

      Wa’alaikumsalam wr. wb.
      Syukur alhamdulillah jika ternyata program sederhana ini dapat membantu dalam proses belajar-mengajar.

      Pak Mukti, file telah saya kirimkan ke alamat email Bapak.

      Selamat mencoba!πŸ˜€

  78. Mulyadi · Oktober 24, 2010

    mas.. Saya mau program ini.. Tlg d kirim.. Thnx.. Salam elektronika..

  79. tino · Oktober 29, 2010

    keren pak…

  80. setyo · November 4, 2010

    matur thank u atas pemberian ilmunya… kami tunggu kiriman programnya….

  81. ariph · November 5, 2010

    mau juga mas softwarenya . .thx

  82. mulyadi · November 8, 2010

    lam kenal semua,bolehdong softwarenya mas….

  83. rudi · November 15, 2010

    Mohon minta programnya supaya ilmu anda barokah dan bertambah banyak rezeki

  84. rizky · November 20, 2010

    boleh dong mas softwarenya,,, panteng terusss :D…..

  85. ajibb · Desember 1, 2010

    manta jaya programnya, saya minta donk
    bisa buat belajar resistor dengan gampang…

  86. sulthoni08 · Desember 1, 2010

    Wah Bagus ini… Apalagi pake Opensource… Boleh minta softwarenya???

  87. sony ns · Desember 2, 2010

    bagus banget mas….,boleh minta programnya ga???

  88. chandramde · Desember 3, 2010

    Mulyadi, Tino, Setyo, …, Sony NS:
    File program telah saya kirimkan ke alamat email Anda masing-masing.
    Mohon maaf jika ada keterlambatan respon.

    Selamat mencoba!πŸ˜€

  89. dwi · Desember 3, 2010

    mau juga donk kak

  90. aries · Desember 4, 2010

    bagus nie, minta programnya donk mas., thnx ya

  91. maulana · Desember 9, 2010

    mas….minta dikirim dong softwarenya cocok buat saya sebagai pemulan. mas bisa jadi pembimbing saya buat bikin ALAT untuk TA. dan biayanya berapa yah mas?

  92. awan · Desember 14, 2010

    mana program seven segment & aplikasinya….. kirim ke e-mail bozzzz…
    bantu aq bozzz
    ni emailnya…
    rika_mu94@yahoo.com
    aq tunggu
    mkasih….

  93. awan · Desember 14, 2010

    aq kog gag dikirim bosss

  94. imenk · Desember 19, 2010

    mas saya butuh ne softwarex buat perhitungan saya,, tlong krim ke email saya.. thz..

  95. yudi · Desember 26, 2010

    saya mita program Resistor Band Color Studio .jika sudah di kirim ke email saya tolong sms saya dengan nomer 081 331 05 11 24.trims

  96. Lian Nitasari · Desember 29, 2010

    mas,boleh minta program kalkulator ini??
    kirim ke email winnie_Ly@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya..

  97. faza · Januari 12, 2011

    Pak, saya mau juga program ini, buat pembelajaran siswa sy di sekolah. makasih

  98. amalia khoirun nisa · Januari 14, 2011

    mas, boleh minta programnya? saya kebetulan ngajar science di smp-sma, sangat membantu nih. terimakasih sebelumnya yaaπŸ™‚

  99. Abdul fatah · Januari 23, 2011

    Boleh dong softwarenya untuk di uji coba

  100. otech · Februari 24, 2011

    sangat berguna tuch bossss…..
    good sekali

    boleh donk minta linknya…….!

  101. rizalsyah · Maret 6, 2011

    keren software@ mas…tlg dikirimkan software@ mas!!
    rizal.elektro90@gmail.com

  102. Muhammad Sunarto · Maret 15, 2011

    Saya boleh minta program kalkulator resistornya dunk.
    Terima kasih.

  103. tezar · Maret 19, 2011

    mas, saya minta program Resistor Band Color Studionya dooong.
    ini email saya gazerock12@ymail.com
    makasih sebelumnya…

  104. Felix · Maret 28, 2011

    Dari Tampilannya bagus simple , manfaatnya luar biasa terutama bagi pemula.Aku juga mau dong filenya. Terimakasih sebelumnya

  105. rigo · Mei 2, 2011

    bagus programnya…mau dong link nya….tengkyu ya….

  106. elisabeth · Mei 14, 2011

    salam kenal Pak. terima kasish ada software yang bagus.boleh minta tolong dikirmkan ke email saya etansiana@yahoo.com,apalgi bila disharekan buat teman dan mahsiswa saya di Ambon. maksih sebelumnya

  107. nugroho · Juli 2, 2011

    minta programnya donk
    keren

  108. bagus · Juli 22, 2011

    saya sangat suka dengan ini karna saya bisa belajar dengan mudah

  109. afat · Agustus 6, 2011

    boleh minta progamnya,makasih sebelumya
    kayaknya menarikni bisa kerja sambil klik-klik aja ni,

  110. yomimen · Agustus 12, 2011

    software yang bagus…dan kreatif….saya pernah liat yang seperti ini di ubuntu…tapi yang ini ternyata lebih komplit dan maknyus…..bagi donkz…..

  111. naryo · Oktober 11, 2011

    saya juga mau mas programnya… buat belajar….

  112. Little Student · Oktober 13, 2011

    Boleh dunk… kirim sofwarenya
    thanks…
    jazakumullah…

  113. rimer · Oktober 15, 2011

    good lah softwarex..

  114. suliztiono · Desember 1, 2011

    tampilan program nya bagus ..smga bermaanfaat buatt pemula seperti saia…hehhe

  115. elsayulianto · Desember 1, 2011

    wah bagus banget mas programnya jadi ini bisa mempermudah untuk orang awam dalam membaca resistor, saya mau dong mas programnya, minta ya mas..

  116. boik · Desember 2, 2011

    dibagi ya mas..
    boikchester@gmail.com

    terima kasih

  117. nana · Desember 2, 2011

    sangat membantu….dan mempermudah buat yang lg belajar….bisa dibagi ya…?makasih sebelumnya

  118. agus siswanto · Desember 2, 2011

    bagus tuh mau dong

  119. Topher · Desember 4, 2011

    om saya pengen dunk software resistor calculatornya untuk belajar resistor… sebelumnya terima kasih.. semoga indonesia semakin maju dengan ilmu yang bermanfaat.. amin…

  120. Andi · Desember 15, 2011

    menarik sekali dan cukup kreatif….minta dikirim softwarenya dong…terimakasih

  121. Service electronic · Desember 24, 2011

    Boleh coba nich…kirim sofwarenya ya…thx..u

  122. Chandra MDE · Desember 24, 2011

    To: Service Electronic..rajawali436
    Msg: Download Link telah dikirim ke masing-masing alamat email.
    Mohon maaf jika tidak dapat mengirimkan filenya secara langsung ke alamat email masing-masing.

    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

