Misteri Rangkaian On-Off Satu Tombol Pada Zelio


Pada tulisan yang terdahulu (Versi Lain On-Off Satu Tombol Pada Zelio Smart Relay), Mas Tresna menyampaikan pengalamannya melalui komentar tentang ‘kesalahan’ yang secara tidak sengaja dilakukan ketika mencoba mensimulasikan rangkaian ladder pada postingan tersebut. Berikut adalah gambar rangkaian ladder dengan ‘kesalahan’ tersebut.

Apa perbedaan rangkaian di atas dengan rangkaian ‘aslinya‘? Perbedaannya terletak pada Auxiliary Relay M1 pada kolom Contact 2 pada Network 001. Pada rangkaian ‘asli ‘ adalah m1 (normally-closed) sedangkan rangkaian Mas Tresna adalah M1 (normally-opened).

Yang menjadi misteri adalah hasil simulasi rangkaian di atas juga berhasil memfungsikan sebuah tombol menjadi toggle on/off. Apakah memang benar demikian? Adakah perbedaannya? Simak uraian hasil simulasi berikut ini.

Rangkaian Kondisi Standby

Saya pikir rangkaian ini tidak memerlukan penjelasan apapun. Hanya saja gambar hasil simulasi rangkaian pada konsisi standby ini perlu saya tampilkan untuk memudahkan penjelasan kondisi rangkaian berikutnya.

Rangkaian Kondisi I1 = ON

Kita anggap saja Zelio memiliki cycle-time 20ms, berarti jika kita menekan Tombol I1 selama satu detik, maka kondisi tersebut akan dibaca sebanyak 50 kali, dan program di atas akan dijalankan sebanyak 50 kali pula. Sangat cepat. Gambar diatas menunjukkan kondisi ketika I1=ON. Yang perlu diperhatikan di sini adalah jika I1=ON, maka M1=ON. Kondisi ini berlaku pada setiap siklus program.

Perhatikan, pada gambar hasil simulasi rangkaian diatas, Q1 berwarna kuning-emas yang menyatakan kondisi Q1=ON-OFF-ON-OFF secara berulang-ulang setiap siklusnya. Dalam hal ini, simulator tidak menggambar keseluruhan Network 003 berwarna merah, karena adanya perubahan kondisi tiap siklus tersebut. Pintar bukan!😀

Sekarang mari kita analisa. Dengan aktifnya M2 (M2=ON), maka Q1 akan ON karena q1 akan menghubungkan M2 dengan Q1. Namun  sesaat setelah Q1=ON, q1 akan OFF sehingga akan memutus jalur M2 dengan Q1 yang mengakibatkan Q1 kembali menjadi OFF!!! Perubahan ON-OFF ini terjadi pada tiap siklusnya. Jadi pada rangkaian ini, selama I1=ON (pada penekanan tombol yang pertama), kondisi Q1 akan ON-OFF secara berulang-ulang. Jika menggunakan Zelio dengan output transistor open-collector maka tidak akan secara langsung ketahuan. Akan tetapi jika menggunakan Zelio dengan output relay, maka akan terdengar bunyi relay yang putus-nyambung putus-nyambung. Kemretek gitu deh…😀

Akan tetapi, sesaat ketika I1 dilepas (I1 berubah dari kondisi ON menjadi OFF), maka Q1 akan ON secara pasti (ON setiap siklusnya) dengan rangkaian penyambung kontak m2 dan Q1. Lihat gambar berikut ini.

Nah, setidaknya sekarang kita sama-sama tahu apa perbedaan rangkaian di atas dengan rangkaian ‘aslinya‘. Kalau rangkaian ‘aslinya’,  Q1 akan langsung ON sesaat setelah I1=ON tanpa muncul bunyi kemretek pada relay.😀

Demikian, dan saya rasa analisa untuk kondisi selanjutnya tidak perlu dilakukan. Semoga bisa menambah wawasan kita bersama.

Selamat belajar!

😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s