Over-Current Alarm Untuk Mesin Grinding Rol


Mesin Grinding Rol adalah mesin yang digunakan untuk meratakan permukaan rol karet atau rol dengan material lain seperti silikon atau polyurethane. Adapun proses selanjutnya adalah proses pemolesan menggunakan Mesin Polisher untuk mendapatkan permukaan rol yang benar-benar halus dengan tingkat roughness yang relatif kecil. Komponen mesin grinding rol terdiri dari motor dan gerinda sirkular yang lebih bersifat sebagai attachment unit dari sebuah mesin bubut.

Over-Current Alarm adalah sebuah piranti elektronik yang berfungsi untuk membunyikan alarm peringatan jika suatu beban elektrik menarik arus listrik melebihi batas yang telah ditentukan. Piranti ini disusun oleh beberapa komponen yakni: sensor arus, amperemeter digital, dan alarm/buzzer.

Over-Current Alarm untuk Mesin Grinding Rol adalah sebuah sistem peringatan yang berfungsi untuk memberikan peringatan berupa suara (alarm) sebagai tanda bahwa motor grinding bekerja melewati batas yang telah ditentukan. Fungsi dari sistem ini adalah untuk mencegah agar operator tidak terlalu dalam ‘memasukkan’ gerinda ke permukaan rol, karena seringkali dengan alasan supaya cepat selesai, maka operator seringkali ‘memakan’ terlalu banyak sehingga hasilnya kurang baik. Dengan sistem ini, maka jika operator ‘memasukkan’ gerinda terlalu dalam ke permukaan rol, maka alarm akan berbunyi. Berikut sedikit penjelasan mengenai prinsip kerja dari sistem ini.

Dengan menggunakan sensor arus (current-transformer) rasio 5:50, besarnya arus yang ditarik oleh motor gerinda dideteksi, hasilnya adalah arus keluaran dalam skala yang lebih kecil sehingga memenuhi spesifikasi masukan arus pada amperemeter digital. Arus yang telah terskala ini dibaca oleh amperemeter digital dan ditampilkan nilainya pada display. Selain menampilkan nilai arus terukur, amperemeter digital juga memonitor apakah arus terukur melebihi batas yang telah ditetapkan ataukah tidak. Jika arus terukur melebihi batas yang telah ditetapkan maka alarm peringatan akan berbunyi. Batas arus yang ditetapkan pada amperemeter haruslah dibawah batas setingan arus pada overload motor.

Amperemeter yang digunakan dalam aplikasi ini adalah Digital Amperemeter Autonics MT4W-AA-41. Piranti ini memiliki tiga buah kontak output yakni: HI, GO, dan LO. Kontak HI akan aktif jika arus yang terukur melebihi batas yang telah ditetapkan. Kontak LO akan aktif jika arus terukur kurang-dari atau dibawah batas yang telah ditetapkan. Dan kontak GO akan aktif jika arus terukur sama-dengan batas yang telah ditetapkan. Komponen ini sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan setting parameter yang banyak. Nah, berikut adalah gambar rangkaian keseluruhan dari Over-Current Alarm.

Sistem ini sangat efektif untuk mengantisipasi operator-operator ‘nakal’ sehingga dengan sistem ini, mereka dapat dipaksa’ untuk bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Sistem ini dapat diaplikasikan untuk keperluan yang lain seperti pengaman heater, pengaman pompa hidrolik, atau pengaman motor spindle mesin bubut.

Selamat belajar!

😀

5 comments

  1. Tresna · Mei 7, 2010

    Wah,,,,Mas Chandra produktif sekali nulisnya. hampir tiap hari ya Mas ? ^^
    Semangat terus Mas😀

  2. endar · Mei 8, 2010

    ternyata ada juga amperemeter autonics. selama ini saya pakai autonics untuk temperature.

  3. chandramde · Mei 8, 2010

    endar:
    Produk Autonics lumayan banyak meliputi: Counter/Timer, Temperature Controller, Power Controller, Digital Panel Meter, Tachometer, Encoder, Proximity Sensor, Pressure Sensor, Stepping Motor Driver, dll.😀

    Temperature Controller Autonics setting parameternya mudah dan intuitif dan cukup handal untuk aplikasi-aplikasi non-critical.

    Terus berkarya, Mas!😀

  4. endar · Mei 11, 2010

    biasanya saya pakai untuk aplikasi sederhana. kalau untuk yang proses yang kritis perlu pikir-pikir dulu menggunakan autonics. sekarang saya pakai temperature controller autonics, lumayan ada PIDnya untuk mengatur temperature reaktor.

    terima kasih banyak mas atas informasinya.

  5. Agung · Desember 22, 2010

    Tulisan nya sangat bermanfaat mas, maju terus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s