Layout PCB yang saya suguhkan kali ini adalah layout PCB Minimum System AT89S51/52/53/8252 yang dilengkapi dengan rangkaian antarmuka RS232 dan I2C. Sangat praktis dan tentunya dengan desain yang rapi dengan selalu mengandalkan single-layer saja. Hal ini sengaja untuk memudahkan siapa saja yang ingin membuat PCB ini.

Rangkaian antarmuka RS232 menggunakan IC Maxim MAX232, sementara I2C port hanyalah dua buah jalur I/O dengan resistor pull-up 4K7 ohm yang mewakili jalur SDA dan SCL.

Minimum System ini sangat fleksibel untuk berbagai aplikasi karena semua port I/O memiliki header-header yang siap dikoneksikan dengan rangkaian-rangkaian masukan ataupun keluaran. Pin TxD dan RxD pun dilengkapi dengan jumper sehingga dapat tersambung atau terputus dengan rangkaian MAX232. I2C Port sebanyak 4 buah siap digunakan untuk melakukan komunikasi dengan piranti I2C lain semacam EEPROM Serial, RTC Serial, ADC Serial, atau I/O Expander.

Minimum system ini juga dilengkapi dengan 4 buah power port 5V yang memudahkan pencatuan rangkaian-rangkaian lainnya.

Di bawah ini adalah tampilan layout PCB-nya berikut dengan foto minimum system dalam bentuk rangkaian yang sesungguhnya. Maaf, jepretannya agak jelek… πŸ˜€

Nah, jika Anda berminat, saya akan mengirimkan layout PCB di atas dalam format PDF siap cetak langsung ke alamat email Anda. All you have to do is ask… πŸ˜€

Nah, jangan sungkan-sungkan, silakan tinggalkan komentar di bawah tulisan ini.

Selamat belajar!

πŸ˜€