ZELIO SOFT adalah software untuk mengembangkan program kontrol untuk ZELIO Smart-Relay. Smart-Relay atau Programmable-Relay sebenarnya mirip dengan PLC, hanya saja kemampuan yang dimiliki tidak sehebat PLC. ZELIO adalah smart-relay keluaran Schneider Electric. Produk lain sejenis misalnya adalah ZEN dari OMRON dan LOGO! dari Siemens.

ZELIO diawali dengan seri SR1 yang saat ini sudah mulai susah didapatkan dipasaran. Seri SR2 yang merupakan pengembangan saat ini masih banyak dipasaran dengan harga yang relatif murah. Seri SR3 kini sudah mendukung koneksi USB, sehingga sangat cocok untuk developer yang bekerja menggunakan laptop.

Smart-Relay sangat cocok untuk mengontrol mesin-mesin yang tidak membutuhkan algoritma program yang tinggi, semisal yang membutuhkan perhitungan aljabar numerik. Tetapi jika kontrol mesin kita hanya membutuhkan instruksi-instruksi logika, timer, dan counter, atau bahkan analog comparator, maka Smart-Relay adalah jawaban untuk solusi kontroler murah dan handal.

Bagi pemula, menurut saya sangat penting untuk memiliki ZELIO SOFT karena selain gratis, software ini memiliki simulator sehingga dapat langsung mengetahui kinerja program kontrol yang kita buat. Oleh karenanya bisa digunakan sebagai sarana belajar pemrograman dasar Ladder.

Beberapa mesin atau aplikasi yang telah saya buat dengan ZELIO antara lain:

  • Mesin Bubut Konvensional (Non CNC)
  • Smart Battery Charger For Electric Forklift
  • Mesin Poles Rol Karet 2 Meter
  • Mesin Isian Rol Karet Three-Roller Builder
  • Bel Pabrik Otomatis

Nah, silakan gunakan download link berikut untuk mendownload installer Zelio Soft 4.3 dan Zelio Logic 2 User Manual.

Download Zelio Soft 4.3

Zelio Logic 2 Smart Relay User Manual

Untuk versi terbaru ZelioSoft, silakan membaca tulisan berikut ini:

Download Link Software ZelioSoft 4.5

Selamat belajar dan selamat berkarya!

😀