Rangkaian Penguat Arus Untuk Catu Daya


Tulisan ini untuk menjawab pertanyaan Rekan Eka yang disampaikan pada tulisan: Layout PCB Catu Daya DC 5V dan 12V sebagai berikut:

“Apakah rangkaian tersebut dapat digunakan pada cd-rom ? dan jika untuk cd-rom apa harus menggunakan trafo 3 ampere, soalnya saya sudah memakai 2 ampere tapi tidak mau menyala…”

Rangkaian tersebut tidak memiliki penguat arus, jadi maksimal arus keluarannya tergantung pada kemampuan IC Regulator LM7805 dan LM7812 yang ±1A saja.

Untuk CD-ROM, perangkat ini membutuhkan catu daya 5V dan 12V DC. Untuk yang 5V, suplai dengan kemampuan 1A sudah cukup, akan tetapi untuk yang 12V membutuhkan paling tidak 3A. Untuk itu diperlukan ditambahkan rangkaian penguat arus sebagai berikut:

Transistor TRU dapat diganti dengan tipe lain dengan rating arus yang diinginkan. Untuk transistor tipe 2N3055 memiliki rating arus hingga ±15A.

Semoga bermanfaat dan tak lupa saya ucapkan: Selamat Belajar!

😀

Iklan
Perihal

Cek situs kami di http://teknikelektrolinks.com. Blog Raspberry Pi: http://raspi.teknikelektrolinks.com

Tagged with: ,
Ditulis dalam Elektronika
14 comments on “Rangkaian Penguat Arus Untuk Catu Daya
  1. Nova berkata:

    mas..
    bisa minta kirim design pcb nya gak..?
    kalo bisa yg tinggal cetak.
    hhe…

    maklum nubie nih….

  2. sulis berkata:

    assalamualaikummm,,,,,, trimakasih kami ucapkan atas postinya mas smoga bermanfat buat kita2 yg kurang ilmu…. iya mas trus berkaya mas buat anak bangsa ini … salam buat juga buat jagoanya …..

  3. Adhy berkata:

    Boleh belajar bareng ya…

  4. fa berkata:

    Assalamu’alaikum..
    trimakasih mas atas ilmu yg bermanfaat ini..
    mas, sy mo tanya, saya mau buat penguat tegangan dari 3,7 V ke 12 V (untuk driver relay), bagusnya pakai LM741 atw LM324 ya mas??
    trus, klo LM741 tu kan ada supply + dan – nya, klo saya cuma butuh tegangan positifnya saja, bisa gak yg suplply negatifnya di ground kan saja? alias di beri tegangan nol…
    trimakasih sbelumnya..

  5. Haris berkata:

    Tolong minta rangkaian penguat arus dari 12v ke 5v

  6. Iqbal berkata:

    mohon informasinya yang diatas itu rangkaian 5v ke 12 volt ya? Kalo dari tegangan mikrokontroller 5v kelistrik kan pake adaptor,bagaimana tegangan mikrokontroller 5v ke batterai 12 volt bisa menggunakan rangkaian diatas?

  7. Yusna berkata:

    Assalamu’alaikum..informasinya bermanfaat skali bwt saya…
    saya mau tanya …klo outputnya 12v 10A itu pake trafo dan Tr ukuran brapa yah mas? trs boleh saya minta layout pcb catu daya + penguat arusnya…thanks.wassalam.

  8. fahmy berkata:

    asslmlkm, mas mw nanya, kalo pake trafo 1 ampere bwt menyuplai minsys MC dan 2 buah motor stepper pake rangkaian penguat arus di atas bisa ga? makasih sebelumnya..

  9. david berkata:

    mas, ada layout pcb driver motor DC yang 12 volt ga, klo ada tolong dikirim ke mail saya dong mas…
    makasih banyak yah sebelumnya…

  10. sukrin berkata:

    asslm
    mass
    punya layout pcb dgn eagle dan rangkaian untuk sensor ultrasonik masss??

    saya minta donk mass

    kirim lewat email y mass

    trims

  11. tri susanto berkata:

    wih,,keren neh mas.saya yg baru belajar elektronik saja bisa faham.terima ksih atas dedikasinya,,semoga Allah membalas kebaikan anda,.amien.kalo ada saya minta layout untuk bikin speaker aktif sendiri.dgn cara yg sederhana,,diposkan ke imel saya ya om…terimakasih ats petunjuknya

  12. yude's berkata:

    mas rangkaian penguat arusnya bsa dipake jg g buat rangkaian penyulutan SCR??
    klu bsa,mnta donk mas layoutnya..
    mksi sblmnya 🙂

  13. Antawirya S.Pd berkata:

    Tank’s for ur info about theory of electronics sains may u success

  14. Wisudantyo berkata:

    aslkm,
    mas boleh nanya gak???saya mau bikin rangkain catu daya juga yg kluarannya 5V dan arus minimal 2A (buat nyalain kamera CCTV) tp catuannya dari aki 12V,100Ah.pake rangkaian yg diatas bisa gak mas???nnti tnggal gnti LM7812 jd LM7805.
    Soalnya saya udh nyobain pake LM350,pake LM7805+TIP31 tp ttep gak bisa buat gerakin kameranya mas.
    mksh mas sblmnya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Bergabunglah dengan 2.503 pengikut lainnya

Hot Links




Display Counter 3-Digit Dengan Koneksi Wi-Fi
Display Nomor Antrian WiFi Android
Mengontrol Relay Via USB/Serial dan Wi-Fi
USB Relay USB-2REL
USB Relay USB-4REL
Water Level Control WLC-02
Serial Relay SER-4REL
NEO STARDUINO SMS ALARM

Alarm SMS Berbasis NEO STARDUINO

1 PC – 6 Unit USB-2REL

Testing 6 USB-2REL Pada 1 Komputer

Standard Pengujian USB-2REL

Pengujian USB-2REL Sebelum Dikirim

LPT-4REL on Knoppix 7.0.5

Testing LPT-4REL on Knoppix Linux

T101 Inkubator Telur

T101 Inkubator Penetas Telur

KONTROL PERALATAN LISTRIK VIA PORT LPT KOMPUTER

Demo Kontrol Kontaktor via Port LPT

STARDUINO meets ANDROID

Demo Kontrol Bluetooth Relay Android

STARDUINO SMS RELAY

Kontrol Relay Via SMS Dengan Starduino

STARDUINO WEB RELAY

Demo Kontrol Relay Via Web/Internet

JustBASIC USB-2REL Control

Demo Kontrol USB-2REL + JustBASIC

STARDUINO + GPS + LCD

Demo Starduino GPS Dengan LCD

USB-2REL EXTREME TEST

Demo Kontrol On/Off Lampu USB-2REL

THERMOSTAT T101 IN ACTION

Demo Thermostat T101 Pada SV=37.5°C

WATER LEVEL CONTROL WLC-02

Demo Kontrol Level Air Tandon WLC-02

HUMIDITY CONTROLLER H103

Demo Kontrol Kelembaban H103 (DHT11)

%d blogger menyukai ini: