Skema dan Layout PCB Phone-Ring Alarm


Proyek ini berawal dari adanya keluhan dari beberapa unit produksi di tempat kerja saya yang sering tidak mendengar ketika ada telepon berdering disebabkan oleh lingkungan yang memang bising. Jika Anda memiliki pesawat telepon yang terletak di lingkungan yang bising seperti hangar produksi kami, maka proyek ini cocok untuk Anda.

Keunggulan dari rangkaian ini adalah tidak memerlukan catudaya DC, jadi cukup suplai tegangan AC saja. Selain itu, komponen yang digunakan juga sedikit dan mudah didapat di pasaran. Layout PCB-nya juga kecil sehingga dapat dikemas dalam enclosure yang tersedia di toko-toko komponen elektronik.

Rangkaian ini berfungsi ‘menangkap’ sinyal dering dari sentral telepon yang berupa tegangan bolak-balik sebesar ±50V dan mengumpankannya ke rangkaian driver bel listrik AC. Tegangan bolak-balik dari saluran telepon disearahkan menggunakan rangkaian penyearah gelombang-penuh menggunakan dioda jembatan. Keluaran dari rangkaian penyearah adalah tegangan DC yang tidak teregulasi. Tegangan yang ‘naik-turun’ ini digunakan untuk menggerakkan LED dan OptoTriac MOC3021. Ketika Triac dalam MOC3021 menghantar, maka Triac BTA12600 juga akan terpicu dan menghantarkan arus sehingga beban AC pun akan menyala. Beban dapat berupa bel listrik atau lampu.

Sederhana bukan? Nah, berikut adalah gambar skematik rangkaiannya beserta gambar layout PCB-nya. Jika Anda berminat memiliki file skematik dan PCB, serta file PDF untuk layout PCB yang siap cetak, silakan meninggalkan permintaan dalam kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat!

😀

Gambar Skematik

Gambar Layout PCB

Iklan

21 respons untuk ‘Skema dan Layout PCB Phone-Ring Alarm’

  1. pa,saya ad tugas nih d suruh bkin sesuatu.
    kyanya menarik nih.
    bsa jelasin lebih rinci ga cara buatny?
    aq mw jga dong fileny..
    thanks b4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.