My First PHP Application


Sudah lama sebenarnya aku tertarik dan ingin belajar pemrograman aplikasi database berbasis web menggunakan PHP dan MySQL. Namun ketiadaan waktu dan relatif belum dibutuhkannya skill tersebut membuat ketertarikan dan keinginan tersebut menjadi maju-mundur.

Memasuki tahun 2010, semangat untuk belajar PHP dan MySQL kembali muncul dan beruntung aku sekarang memiliki lebih banyak waktu untuk belajar. Dan kebetulan ada simple project yang bisa membantu proses belajarku. Dan semoga juga dapat membantu proses karirku, hehehe…

πŸ™‚

Forklift Fuel Filling Online Report

TampakΒ  sederhana bukan? Aplikasi ini memang sederhana, hanya memanipulasi sebuah tabel saja. Selain itu, aplikasi ini hanya menggunakan 2 buah instruksi MySQL yakni SELECT dan INSERT. PHP-nya juga sederhana, hanya mengaplikasikan interfacing dengan MySQL, form sederhana, dan sedikit dinamika tabel sesuai pilihan Filter. Tuh, semuanya serba hanya kan?

Kini aplikasi sederhana ini telah online di serverku dan kini semua karyawan terutama jajaran manajemen dapat mengetahui data pengisian solar forklift kami. Meski masih sederhana, namun mudah-mudahan dapat menjadi pemicu semangat untuk lebih dalam mempelajari pemrograman aplikasi web berbasis PHP dan MySQL.

Tujuan utamaku adalah membuat CMMS (Computerized Maintenance Management System) berbasis PHP dan MySQL. Yang tentunya juga sederhana saja.πŸ™‚

Btw, berikut adalah screenshot dari tabel pengisian solar pada MySQL…

Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini dan berminat memiliki source code-nya, Anda dapat menghubungi saya melalui email atau melalui komentar di bawah ini.

Selamat belajar!

16 comments

  1. owybaedhowy · Januari 30, 2010

    Bro bisa minta tutorialnya ga, ane juga lagi belajar nih

  2. chandramde · Januari 30, 2010

    Mas Owy,

    Wah, bisa belajar sama-sama nih. File telah saya kirimkan ke email Mas Owy.
    Owy apa Dhany, seh?πŸ˜€

    • owybaedhowy · Februari 1, 2010

      Owy tuh nama anak saya abis nama saya udah ke pake banyak ngomong ngomong emailnya ke email yang mana yah

  3. chandramde · Februari 1, 2010

    Saya email ke dhany_crew@yahoo.co.idπŸ™‚

  4. owybaedhowy · Februari 1, 2010

    kok saya belum terima yah mas

  5. chandramde · Februari 1, 2010

    Lho, masa? Saya kirimnya tanggal 30/01/10 kemaren…😦
    Saya kirim lagi deh…πŸ˜€

  6. owybaedhowy · Februari 1, 2010

    Kok kayanya ada yg kurang yah file sqlnya ga ada, jadi buat databasenya masih bingung bisa di export dari phpmyadminnya ga

  7. chandramde · Februari 1, 2010

    File-nya sudah saya kirim, Mas.πŸ˜€

  8. owybaedhowy · Februari 1, 2010

    Bro untuk Start bagus cuman bagusnya di tambah fungsi untuk edit dan delete namanya manusia tak luput dari kesalahan dan gw mo tanya fungsi password disitu maksudnya untuk apa ya. untuk Authentication atau yang lain
    By The Way oke juga sih
    Thanks
    Hamdani

    Nb: gw tunggu update nya ok

  9. chandramde · Februari 1, 2010

    Terima kasih. Meskipun sederhana tapi aplikasi ini sudah online beneran, jadi fungsi password untuk otentifikasi bagi personel yang diberi hak untuk meng-entry data.

    Untuk fungsi editing dan deleting sepenuhnya menjadi tugas database admin-nya.

    Demikian, Mas dan terima kasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat…πŸ˜€
    Btw, di Amrik musim apa, Mas?

  10. owybaedhowy · Februari 1, 2010

    saya di jakarta musim hujan sama banjir

  11. Sumarwoto Hadi · Februari 1, 2010

    wow lagi serius belajar niy … nebeng dong biar tambah rame … dak papa khan Mas …??
    lam kenal semua … @@
    **Sumarwoto Hadi**

  12. chandramde · Februari 1, 2010

    Monggo, Mas Hadi. Salam kenal juga…πŸ˜€

  13. owybaedhowy · Februari 1, 2010

    Hallo Pak Sumarwoto atau Mas Jalil Ilmu sampean juga di Sharing dong ane tahu sampean Expert

  14. yoyok · Juli 17, 2010

    mas minta filenya dong…
    yang lengkap tpi..
    buat belajar saya mas…

  15. Teguh Jaya · Maret 4, 2012

    mas, saya minta filenya yah buat belajar…

Tinggalkan Balasan

