My First PHP Application


Sudah lama sebenarnya aku tertarik dan ingin belajar pemrograman aplikasi database berbasis web menggunakan PHP dan MySQL. Namun ketiadaan waktu dan relatif belum dibutuhkannya skill tersebut membuat ketertarikan dan keinginan tersebut menjadi maju-mundur.

Memasuki tahun 2010, semangat untuk belajar PHP dan MySQL kembali muncul dan beruntung aku sekarang memiliki lebih banyak waktu untuk belajar. Dan kebetulan ada simple project yang bisa membantu proses belajarku. Dan semoga juga dapat membantu proses karirku, hehehe…

๐Ÿ™‚

Forklift Fuel Filling Online Report

Tampakย  sederhana bukan? Aplikasi ini memang sederhana, hanya memanipulasi sebuah tabel saja. Selain itu, aplikasi ini hanya menggunakan 2 buah instruksi MySQL yakni SELECT dan INSERT. PHP-nya juga sederhana, hanya mengaplikasikan interfacing dengan MySQL, form sederhana, dan sedikit dinamika tabel sesuai pilihan Filter. Tuh, semuanya serba hanya kan?

Kini aplikasi sederhana ini telah online di serverku dan kini semua karyawan terutama jajaran manajemen dapat mengetahui data pengisian solar forklift kami. Meski masih sederhana, namun mudah-mudahan dapat menjadi pemicu semangat untuk lebih dalam mempelajari pemrograman aplikasi web berbasis PHP dan MySQL.

Tujuan utamaku adalah membuat CMMS (Computerized Maintenance Management System) berbasis PHP dan MySQL. Yang tentunya juga sederhana saja. ๐Ÿ™‚

Btw, berikut adalah screenshot dari tabel pengisian solar pada MySQL…

Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini dan berminat memiliki source code-nya, Anda dapat menghubungi saya melalui email atau melalui komentar di bawah ini.

Selamat belajar!

Iklan

16 thoughts on “My First PHP Application

  1. Kok kayanya ada yg kurang yah file sqlnya ga ada, jadi buat databasenya masih bingung bisa di export dari phpmyadminnya ga

  2. Bro untuk Start bagus cuman bagusnya di tambah fungsi untuk edit dan delete namanya manusia tak luput dari kesalahan dan gw mo tanya fungsi password disitu maksudnya untuk apa ya. untuk Authentication atau yang lain
    By The Way oke juga sih
    Thanks
    Hamdani

    Nb: gw tunggu update nya ok

  3. Terima kasih. Meskipun sederhana tapi aplikasi ini sudah online beneran, jadi fungsi password untuk otentifikasi bagi personel yang diberi hak untuk meng-entry data.

    Untuk fungsi editing dan deleting sepenuhnya menjadi tugas database admin-nya.

    Demikian, Mas dan terima kasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat… ๐Ÿ˜€
    Btw, di Amrik musim apa, Mas?

  4. wow lagi serius belajar niy … nebeng dong biar tambah rame … dak papa khan Mas …??
    lam kenal semua … @@
    **Sumarwoto Hadi**

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s