ADD4KIDS – Program Latihan Penjumlahan Untuk Balita


Saya memiliki seorang putra yang saat ini berusia 4 tahun dan bersekolah di Taman Kanak-Kanak. Kelas Nol Kecil, setelah beberapa bulan sebelumnya ikutan program PAUD. Sebagai seorang ayah yang menginginkan putranya pinter, saya sering nelangsa karena tidak banyak waktu saya untuk menemani putra saya belajar. Ihik, ihik…..😦

Naaa, mumpung bapaknya ini lagi belajar programming, maka saya coba membuat program sederhana untuk melatih penjumlahan! Semoga program ini bisa bermanfaat juga untuk Anda sekalian!

ADD4KIDS. Program ini bertujuan untuk melatih anak usia balita melakukan penjumlahan 1 digit. Program akan menampilkan soal penjumlahan secara acak mulai dari 0+0 sampai dengan 9+9. Selain soal dan skor, program juga menampilkan Alat Bantu Hitung berupa dot-dot berwarna merah dan putih.

Untuk saat ini, saya mendampingi dan mengajarkan kepada putra saya dengan cara sebagai berikut:

  • Membaca persamaannya (mengucapkannya), misal: “delapan ditambah tiga sama dengan”…
  • Melakukan penghitungan dot-dot untuk mengetahui jumlahnya (“Satu, dua, tiga… sebelas”)
  • Setelah jumlah dot diketahui, maka saya ajak putra saya membaca kembali persamaannya sekaligus jawabannya, misal: “delapan ditambah tiga sama dengan sebelas”
  • … sambil mengetikkan jawabannya pada kibot

Meskipun dengan sarana yang masih sederhana, akan tetapi dengan kesabaran dan ketekunan, insya Allah dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kita terutama putra-putri kita. Amiin…

add4kids1

add4kids2

Nah, kalau Anda punya ide/saran/usul, silakan tinggalkan komentar.

Download Add4Kids.zip

Selamat belajar!

4 comments

  1. nisaa · Desember 7, 2009

    kya apa cara jalankan programnya mas???
    pake software apa ya??

  2. chandramde · Desember 7, 2009

    ADD4KIDS itu saya buat pake bahasa pemrograman XBLite. Program ini berjalan di Windows2000 dan XP. Untuk menjalankannya, tinggal di-running aja file exe-nya. Paragraf ketiga dan keempat menjelaskan sedikit tentang bagaimana kita mendampingi si kecil belajar penjumlahan angka mulai 0+0 hingga 9+9.

    Selamat belajar!

  3. meysa · Maret 22, 2010

    mau nanya pak.. bahasa pemrograman XBLite apa kaya java ?.
    bisa jelasin sedikit mengenai CODINGNya ..
    terimaksih ..
    soalnya saya tertarik untuk membuat game balita ..

  4. chandramde · Maret 23, 2010

    XBLite adalah turunan dari XBASIC. XBLite memiliki kemudahan Basic dengan kecepatan dan fleksibilitas seperti C. Untuk lebih jelasnya, silakan klik link berikut ini:
    https://telinks.wordpress.com/2009/08/13/xblite-2-40-belajar-lagi-yuk/

    Selamat belajar!😀

Tinggalkan Balasan

