XBLite 2.40 – Belajar Lagi, Yuk!


Teringat sewaktu SMA dulu ketika bahasa BASIC menjadi bahasa pilihan untuk mempelajari pemrograman. GWBASIC dan Turbo Basic adalah interpreter dan kompiler BASIC yang setiap hari saya gunakan untuk belajar pemrograman. Meskipun hanya menggunakan PC AT-286 dan disket 5.25” tanpa harddisk, namun semangat belajar waktu itu begitu besarnya sampai-sampai seringkali algoritma program terbawa ke dalam mimpi. Beda banget sama sekarang. Sekarang mimpi cewek mulu, hihihi…..

Terus-terang saya sudah lama tidak begaul dengan pemrograman komputer, sehingga saya kurang memahami perkembangan teknologinya. Yang saya tahu, saat ini banyak sekali pilihan bahasa pemrograman sampai-sampai saya yang belakangan ini memutuskan untuk belajar lagi, bingung mau memilih yang mana.

Setelah mencoba beberapa bahasa ampuh seperti C/C++, Pascal, dan Python, saya  pun merasa minder karena kuatir kedahsyatan mereka tidak matching dengan kebutuhan saya. Terlalu canggih, hihihi… Meski saya sudah terbiasa dengan bahasa C untuk mikrokontroler, namun saya putuskan untuk kembali ke BASIC saja. Yes, Back to BASIC!

Adalah XBLite, sebuah kompiler bahasa BASIC buatan David Szafranski yang sangat menarik perhatian saya. Saya sempat mencoba-coba beberapa kompiler BASIC freeware antara lain QB64, FreeBASIC, XBLite, XBasic, BBC Basic for Windows, RapidQ dan beberapa interpreter apik seperti AutoIt, X11-Basic, hingga Chipmunk Basic. Namun pilihan saya jatuh pada XBLite. Sebenarnya FreeBASIC juga sangat menjanjikan, penggunanya juga lebih banyak, akan tetapi saya merasa lebih cocok dengan XBLite.

xblite

Berikut ini adalah beberapa fitur XBLite:

  • Advanced 32-bit/64-bit BASIC
  • Fast Compilation – Fast Execution
  • Advanced Memory Management Technology
  • Advanced Math Libraries and Technologies
  • Runs on Win32 (Windows 95/98/Me, NT/2000/XP)
  • Creates standalone .EXE and .DLL
  • XBLite is GPL, you can sell programs created using XBLite
  • Incorporates M4 Macro Preprocessor
  • XBLite has a great online support community

Versi terbaru XBLite adalah 2.40 dan dapat Anda download di:

Download XBLite Compiler 2.40

Download XBlite Manual 1.10

Nah, bagi Sodara-sodara yang berminat, silakan download sekarang dan ayo belajar bareng.

Selamat belajar!

3 comments

  1. wijaya · Mei 15, 2010

    mas rumahnya mana saya mau blajar sama mas…tenk

  2. wijaya · Mei 15, 2010

    mas candra malang nya dimana ??apa masih ada waktu untum mengajar saya??

  3. chandramde · Mei 15, 2010

    wijaya:
    Halo, Mas Wijaya. Silakan menghubungi saya di (0341) 9857624. Alamat bisa dilihat di:
    https://telinks.wordpress.com/about-2/

Tinggalkan Balasan

