Aplikasi PLC – Timer Berbasis Menit


Dengan memanfaatkan bit 1-Minute Clock Pulse yang berada di alamat SR254.00, dapat dibuat rangkaian Timer berbasis menit sebagai berikut.

timmnt1

Rung 1. Jika Tombol START ditekan, maka alamat IR200 akan diisi dengan nilai 45 hex. Kenapa hexa dan bukannya desimal akan terjawab di rung berikutnya. Selain mengisi alamat IR200 dengan 45 hex, bit TimeIsRunning pada alamat 201.00 akan diset dan bit TimeIsUp pada alamat 201.01 akan direset. Alamat IR200 digunakan untuk menyimpan sebagai SV (Setting Value).

timmnt21

Rung 2. Apabila TimeIsRunning ON, maka setiap 1 menit sekali, nilai pada IR200 akan dikurangi 1. Perhatikan bahwa di sini digunakan instruksi DEC(39) dengan tipe operand BCD. Inilah sebabnya pada Rung 1 di atas, SV pada alamat IR200 diisi menggunakan instruksi MOV(21) dengan nilai hexa sebagaimana diketahui bahwa nilai hexa merupakan representasi nilai desimal dalam format BCD. Jadi dalam contoh aplikasi ini timer akan menghitung selama 45 menit.

Setiap 1 menit juga, nilai SV pada alamat IR200 akan dibandingkan dengan nol. Jika sama atau lebih besar, maka bit TimeIsUp yang merupakan Completion-Flag dari timer berbasis menit ini akan diset dan bit TimeIsRunning akan direset untuk menghentikan timer ini.

timmnt3

Rung 3. Selama Completion-Flag (TimeIsUp) OFF, maka POMPA1 akan ON. Jika TimeIsUp, maka POMPA1 akan OFF dan POMPA2 akan ON.


Catatan

Dalam contoh ini SV disimpan dalam area memori IR (Internal Relay) yang tidak mempertahankan nilainya ketika PLC dimatikan. Jika diinginkan nilai SV yang bertahan nilainya ketika PLC dimatikan, maka dapat digunakan area lain seperti HR atau DM.

Demikian juga halnya dengan bit TimeIsRunning dan bit TimeIsUp, dapat digunakan area HR.

Selamat belajar!

Iklan

7 respons untuk ā€˜Aplikasi PLC – Timer Berbasis Menitā€™

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.