Deskripsi Pin ATmega8


Deskripsi yang disampaikan di sini hanyalah tentang fungsi-fungsi dasar pin-pin ATmega8. Fungsi-fungsi alternatif/khusus akan dibahas pada tulisan lain.

Konfigurasi Pin

atmega81

VCC
Suplai tegangan digital. Besarnya tegangan berkisar antara 4,5 – 5,5V untuk ATmega8 dan 2,7 – 5,5V untuk ATmega8L.

GND
Ground. Referensi nol suplai tegangan digital.

PORTB (PB7..PB0)
PORTB adalah port I/O dua-arah (bidirectional) 8-bit dengan resistor pull-up internal yang dapat dipilih. Buffer keluaran port ini memiliki karakteristik yang simetrik ketika digunakan sebagai source ataupun sink. Ketika digunakan sebagai input, pin yang di pull-low secara eksternal akan memancarkan arus jika resistor pull-up-nya diaktifkan. Pin-pin PORTB akan berada pada kondisi tri-state ketika RESET aktif, meskipun clock tidak running.

PORTC (PC5..PC0)
PORTC adalah port I/O dua-arah (bidirectional) 7-bit dengan resistor pull-up internal yang dapat dipilih. Buffer keluaran port ini memiliki karakteristik yang simetrik ketika digunakan sebagai source ataupun sink. Ketika digunakan sebagai input, pin yang di pull-low secara eksternal akan memancarkan arus jika resistor pull-up-nya diaktifkan. Pin-pin PORTC akan berada pada kondisi tri-state ketika RESET aktif, meskipun clock tidak running.

PC6/RESET
Jika Fuse RSTDISBL diprogram, maka PC6 berfungsi sebagai pin I/O akan tetapi dengan karakteristik yang berbeda dengan PC5..PC0. Jika Fuse RSTDISBL tidak diprogram, maka PC6 berfungsi sebagai masukan Reset. Sinyal LOW pada pin ini dengan lebar minimum 1,5 mikrodetik akan membawa mikrokontroler ke kondisi Reset, meskipun clock tidak running.

PORTD (PD7..PD0)
PORTD adalah port I/O dua-arah (bidirectional) 8-bit dengan resistor pull-up internal yang dapat dipilih. Buffer keluaran port ini memiliki karakteristik yang simetrik ketika digunakan sebagai source ataupun sink. Ketika digunakan sebagai input, pin yang di pull-low secara eksternal akan memancarkan arus jika resistor pull-up-nya diaktifkan. Pin-pin PORTD akan berada pada kondisi tri-state ketika RESET aktif, meskipun clock tidak running.

RESET
Pin masukan Reset. Sinyal LOW pada pin ini dengan lebar minimum 1,5 mikrodetik akan membawa mikrokontroler ke kondisi Reset, meskipun clock tidak running. Sinyal dengan lebar kurang dari 1,5 mikrodetik tidak menjamin terjadinya kondisi Reset.

AVCC
AVCC adalah pin suplai tegangan untuk ADC, PC3..PC0, dan ADC7..ADC6. Pin ini harus dihubungkan dengan VCC, meskipun ADC tidak digunakan. Jika ADC digunakan, VCC harus dihubungkan ke AVCC melalui low-pass filter untuk mengurangi noise.

AREF
Pin Analog Reference untuk ADC.

ADC7..ADC6
Analog input ADC. Hanya ada pada ATmega8 dengan package TQFP dan QFP/MLF.

Selamat belajar!

3 comments

  1. bayu · Juni 8, 2010

    Asalmmualaikum. . .mas, sebenrnya jenis mikro Atmega8 dengan Atmega8L sama g?untuk penggunaannya pada sistem minimum apakah ada perbedaan pada komponen maupun rangkaiannya?

  2. chandramde · Juni 8, 2010

    bayu:
    Wa’alaikumsalaam…
    Perbedaan utama ATmega8 dan ATmega8L adalah pada frekuensi kerja maksimumnya. ATmega8 0-16MHz, sedangkan ATmega8L 0-8MHz saja. Ini seiring dengan tegangan operasional ATmega8L yang bisa dioperasikan dengan tegangan 2,7V – 5,5V. Sedangkan ATmega8 memiliki tegangan operasional 4,5V – 5,5V.

    Jadi jika ingin membuat rangkaian mikrokontroler dengan catu daya batere 2 x 1,5V, maka bisa menggunakan ATmega8L.

    Mas Bayu bisa melihat spesifikasi selengkapnya di: https://telinks.wordpress.com/2008/12/06/spesifikasi-atmega8/

    Selamat belajar!😀

  3. wardoyo · November 27, 2011

    mas candra ada skema led matrix apa g? bagi donk ke saya,n skalian pakai software apa untuk mrogramnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s