Bit Flag Penting – I


Bit flag penting adalah bit-bit dalam memori SR (Special Relay) dan AR (Auxiliary Relay) yang memiliki fungsi khusus yang sangat membantu dalam pemrograman PLC. PLC OMRON SYSMAC C memiliki bit-bit penting yang harus dipelajari, dimengerti dan diamalkan dalam kehidupan ber-PLC sehari-hari, hihihi…

Bahasan bit flag penting ini akan ditulis dalam beberapa bagian. Pada bagian pertama ini akan disampaikan tiga bit flag yang seringkali digunakan dalam program PLC.

Bit Flag Always ON
Bit ini berada di alamat SR253.13. Seperti namanya bit flag ini selalu ON. Bit flag ini digunakan untuk memberikan kondisi eksekusi (ON) secara terus-menerus selama program berjalan.

Bit Flag Always OFF
Bit yang menempati alamat SR253.14 ini memiliki fungsi berkebalikan dengan bit flag sebelumnya. Bit ini senantiasa berada pada kondisi OFF. Bit flag ini jarang digunakan dalam program.

Bit Flag First Cycle
Bit flag ini ON pada saat siklus pertama saja. Pada siklus kedua dan seterusnya, bit flag ini akan OFF. Bit flag yang berada di alamat SR253.15 ini juga seringkali digunakan dalam proses inisialisasi sistem. Bit ini disebut juga bit First Scan Flag.

Contoh Penggunaan Bit Flag Always ON

alwayson

Selama siklus PLC berlangsung, secara kontinyu program mengecek apakah unit ekspansi suhu CPM1A-TS101 bekerja baik ataukah mengalami error.

Contoh Penggunaan Bit Flag First Scan

first_scan

Pada penggalan program di atas, bit flag First Scan digunakan untuk memastikan bahwa Counter CNT001 direset setiap kali sistem dinyalakan.

Untuk bit flag Always OFF, maaf, tapi hingga kini saya belum pernah menggunakannya dalam program.

Selamat belajar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s