Free-Running Timer


freerunningtimer

Selama START berada dalam kondisi ON, maka Timer TIM001 akan aktif dan menghitung selama ±5 detik. Setelah 5 detik, Completion Flag-nya akan aktif. Berubahnya kondisi Completion Flag dari OFF ke ON akan mengaktifkan INT_TO_MCU (Output 010.00) dan mematikan TIM001. Pada siklus berikutnya, TIM001 akan kembali aktif dan menghitung selama ±5 detik. Sementara itu INT_TO_MCU kembali menjadi OFF. Proses tersebut akan terjadi berulang-ulang sampai kondisi START menjadi OFF.

Timer pada rangkaian di atas sebagai Free-Running Timer karena Timer aktif kembali setelah hitungan selesai secara berulang-ulang dengan memanfaatkan Completion Flag-nya. Rangkaian ini disebut juga Flicker karena berfungsi memberi efek flickering (berkedip-kedip) pada Output 010.00.

Pada contoh di atas, PLC akan mengirimkan sinyal interupsi ke MCU setiap 5 detik. Sinyal interupsi tersebut berfungsi sebagai penanda bahwa MCU (Microcontroller Unit) harus membaca data masukan dari 8 buah sensor suhu dan meng-update tampilan pada layar LCD.

Selamat belajar!

One comment

  1. training plc · Februari 23, 2010

    info tentang tutorial PLC dan training PLC silakan kunjungi http://www.trainingkitplc.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s