VMLAB – Visual Micro Lab


ATMEL AVR merupakan salah satu mikrokontroler yang saat ini paling banyak diminati baik oleh kalangan praktisi maupun akademisi. Murah, mudah didapat, dan tersedia berbagai tipe dengan beberapa tingkat kompleksitas sistem, mulai dari AT yang tiny hingga AT yang mega.


VMLAB

VMLAB (Visual Micro Lab) adalah sebuah virtual protyping IDE yang menggabungkan IDE, Assembler, Compiler, Debugger, dan Simulator. VMLAB dapat mensimulasikan hardware (komponen elektronik) sehingga dengan VMLAB kita dapat mengembangkan program mikrokontroler tanpa hardware yang sesungguhnya.

VMLAB dikembangkan oleh insinyur-insinyur elektronika Eropa yang tergabung dalam bendera AMTools. Mereka ini mengklaim telah malang-melintang di Eropa mengerjakan proyek-proyek CAD, mikroelektronika dan embedded system. Kalau Anda menilik karya mereka ini, maka sepertinya mereka tidak mengada-ada, hahaha…

VMLAB mendukung mikrokontroler tipe ST6200, 01, 03, 08, 09, 10, 15, 20, 25, dan mikrokontroler tipe AVR ATiny11, ATiny12, ATiny15, ATiny22, AT90S2343, AT90S2323, AT90S1200, AT90S2313, AT90S4433, AT90S4414, AT90S8515, AT90S4434, AT90S8535, ATmega8, ATmega16, ATmega161, ATmega162, ATmega32, ATmega64, ATmega128.

VMLAB merupakan software sekaligus ‘hardware’ dalam satu paket. Dengan VMLAB kita dapat membuat program aplikasi dan mensimulasikannya dengan bantuan elemen-elemen interaktif seperti tombol/switch, LED, LCD, dan TTY (RS232). Ada juga Virtual Scope untuk menampilkan grafik sinyal seperti layaknya oscilloscope. Program ini juga mampu mensimulasikan INTERUPSI, fungsi RESET, dan mode operasional mikrokontroler seperti Stop, Wait, atau Sleep.

vmlab

Bagi pengguna WinAVR, VMLAB dapat digabungkan dengan WinAVR untuk mensimulasikan program AVR dalam bahasa C.

Demikian sepintas tentang VMLAB. Anda dapat mengunduh versi demo-nya menggunakan link di bawah. Versi demo ini memiliki keterbatasan yang boleh saya bilang tidak akan membatasi langkah kita untuk mempelajari mikrokontroler AVR.

Selamat mencoba!

Download VMLAB 3.12

Ukuran file: 4.11 MB

Iklan

8 respons untuk ‘VMLAB – Visual Micro Lab

  1. makasih banget ya atas informasinya,kalo boleh saya mau minta dikirimi software/aplikasi yang ada hubungannya dengan elektro. yang dapat di jalankan lewat web.kalo bisa bentuknya jangan yang “exe”.thanks before…

  2. To: Mas Jalil
    VMLAB mendukung programmer STK500. Jika Mas Jalil memilikinya, maka bisa digunakan. Tapi jarang lho yang memiliki STK500, biasanya sih pake programmer yang gampang dan bisa dibuat sendiri seperti STK200. Sebenarnya saya sempat membuat program yang akan memungkinkan kita men-download program ke IC secara langsung. Cuma masih tertunda. Tungguin deh…!
    Btw, bisa juga Mas Jalil menggunakan fasilitas MS-DOS Prompt yang disediakan VMLAB. Jika Mas Jalil menggunakan program AVRSP atau AVRDUDE, maka fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan.

    Selamat belajar!

  3. Salam,
    Saya juga pernah coba VMLAB, bagus banget. Kalo nggak salah assemblernya AVRASM32.EXE ya? Sayang sekali VMLAB belum support ATTINY26. Saya coba assemble tiny26 pake AVRSTUDIO 4.15 yang pake assembler AVRASM2.EXE, tapi selalu error ‘Runtime error R6002. No floating point loaded’ Kenapa begitu ya Mas, bisa dibantu nggak? Waktu saya coba assemble pake command line (AVRASM2.EXE running on DOS) hasilnya sama.
    BTW saya pake windows 2000 SP 4.
    Makasih sebelumnya ya.
    Salam.

  4. […] Download VMLAB 3.15 – Versi Terbaru Dengan Fitur Yang Semakin Lengkap July 23, 2010 chandramde Leave a comment Go to comments VMLAB 3.15 adalah versi terbaru VMLAB yang menawarkan berbagai fitur tambahan yang sangat menarik. Jika Anda belum mengenal VMLAB, mungkin ada baiknya Anda menyimak sekelumit tentang VMLAB pada postingan VMLAB – Visual Micro Lab. […]

  5. Salam kenal Pak…
    Apa Postan bapak ini todak bisa di link ke Facebook aja..?
    kan biosa lebih informatif bahkan bapak bisa mendapatkan Feedback dan masukan untuk update postingan terbaru untuk Blog Bapak…^^.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.