WinAVR – AVR-GCC For Windows


WinAVR (baca: ‘whenever‘) adalah sebuah paket AVR Development System yang bersifat open source dengan sederetan program pendukung yakni: IDE, Assembler, Compiler, Linker, Librarian, File Converter, C Library, Programmer AVR, Debugger, In-Circuit Emulator, dan beberapa program utilitas lainnya.


Assembler dan Compiler

WinAVR menggunakan as sebagai assembler dalam paket programnya. as merupakan assembler multi-target yang bersifat open source. Sedangkan compiler yang digunakan dalam paket WinAVR adalah GNU Compiler Collection, atau GCC, sebuah kompiler open source yang tersedia untuk berbagai platform prosesor dan sistem operasi. GCC yang ada dalam paket WinAVR adalah compiler dengan target khusus yakni mikrokontroler AVR.


Editor/IDE

Untuk keperluan editing program, WinAVR dilengkapi dengan Programmers Notepad (PN). Program yang juga open source ini memilki fitur-fitur sebuah IDE secara umum. PN memiliki fasilitas command-line tool yang dapat digunakan untuk mengeksekusi perintah-perintah sistem dan meng-capture hasil eksekusi dan menampilkannya di layar IDE, sangat ideal untuk memanggil perintah make untuk proses kompilasi program dan memanggil program downloader untuk memrogram IC AVR setelah kompilasi selesai. WinAVR menggunakan AVRDUDE sebagai programmer IC AVR. Berikut adalah snapshot dari Programmers Notepad.

pn

Programmers Notepad tidak memiliki fitur selengkap produk komersial, oleh karenanya pembuatan proyek aplikasi masih mengandalkan makefile. WinAVR juga mengikutsertakan WinAVR Makefile Editor dengan sebuah template yang siap untuk dimodifikasi melalui perantaraan menu yang lengkap, seperti ditunjukkan oleh snapshot berikut ini.

mfile

Seperti telah dikatakan di atas, Paket WinAVR menggunakan program AVRDUDE sebagai downloader. Program ini mendukung berbagai tipe ISP Downloader seperti STK200, DAPA, dll.

avrdude


Debugger / Simulator / Emulator

Masih menggunakan program open source, paket WinAVR menggunakan GDB dan Insight sebagai debugger yang dapat dikombinasikan dengan simulavr untuk mensimulasikan program.

Ada beberapa paket program gratis yang dapat digunakan sebagai simulator mendampingi WinAVR GCC sebagai kompiler, yakni:

Berikut adalah link untuk mengunduh paket WinAVR versi terbaru. Selamat mencoba!

Download WinAVR-20100110-install.exe

Ukuran file: 27,5 MB

Download WinAVR-20080610-install.exe

Ukuran file: 23.5 MB

6 comments

  1. heruprayugo · Desember 9, 2008

    Salam kenal Mas Chandra,
    sama-sama pengguna WinAVR,
    bisa saling share nih…

  2. Kristian Sutikno · Desember 16, 2008

    Saya juga lagi nyoba pakai WinAVR, bisa share lewat darat ngga ya supaya lebih sip

  3. chandramde · Desember 17, 2008

    Lewat darat memang lebih sip, lebih komprehensif, dan relatif lebih murah.😉
    Tapi, untuk sementara lewat sini aja deh.

    Thanks,
    Chandra MDE

  4. edipermadi · Desember 23, 2008

    keep goin’ my bro ^_^

  5. Kristian Sutikno · Desember 1, 2009

    mas chan saya pakai win avr pakai notepad2 tapi saya nyoba pakai avrstudio4 pakai gcc nah pada saat pakai file external/include yang di buat sendiri aku compile ngga bisa ikut ngompile file extend itu mana yang harus di seting? trims

  6. Akhal · Agustus 15, 2010

    Mas, saya bingung cara mendebag ke file .hex
    Kira2 cara yang paling gampang gimana ya?
    Thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s