Instruksi END dan NOP


Instruksi END – END(01)
Instruksi ini digunakan sebagai penutup program. Instruksi-instruksi yang terletak di bawah instruksi END(01) tidak akan dieksekusi oleh PLC. Instruksi END(01) dapat diletakkan dimana saja di dalam program. Karenanya, instruksi ini dapat digunakan untuk men-debug program. Dengan menyelipkan instruksi END(01) pada baris tertentu di dalam program, maka berarti kita membatasi eksekusi program sampai baris tersebut. Setelah yakin bahwa program berjalan benar hingga baris tersebut, kita dapat menghapus instruksi END(01) tersebut dan memindahkannya ke bagian lain. Perlu diingat bahwa setelah selesai melakukan debugging, maka instruksi END(01) yang digunakan untuk tujuan debugging tersebut harus dihapus agar program berjalan normal secara keseluruhan.

Jika dalam sebuah program PLC belum terdapat instruksi END(01), maka program tidak akan dieksekusi dan pesan kesalahan akan ditampilkan. Instruksi END(01) mereset flag ER, CY, GR, EQ dan LE.

Instruksi NOP(00)
Instruksi ini tidak diperlukan dalam pemrograman dan tidak ada simbol ladder khusus untuk instruksi ini. Ketika instruksi ini ditemukan dalam program, maka PLC tidak melakukan apapun dan program akan melanjutkan eksekusi ke instruksi selanjutnya. Ketika memori PLC dihapus, maka semua alamat akan berisi NOP(00).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s