Home > AVR, Elektronika, Home Industry, Industrial Control and Automation, Maintenance, Mikrokontroler > Aplikasi Modul Timer TMR01 Pada Kontrol Otomatis Pengisian Air Minum Galon Isi-Ulang

Aplikasi Modul Timer TMR01 Pada Kontrol Otomatis Pengisian Air Minum Galon Isi-Ulang


telinks_tmr01_640

Depo air minum galon isi-ulang saat ini banyak sekali bertebaran. Dengan rupiah yang lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli air galon bermerek. Tak heran jika depo air minum isi-ulang kini menjadi bisnis yang cukup menjanjikan.

Proses pengisian air minum isi-ulang yang dilakukan secara manual memiliki beberapa kekurangan antara lain:

  • volume air yang diisikan ke dalam galon tidak konstan
  • kalau terjadi kelebihan volume atau bahkan terjadi ketumpahan air, maka hal ini dapat menimbulkan kerugian

Solusi sederhana untuk masalah tersebut adalah menambahkan modul timer untuk mengontrol solenoid valve secara otomatis. Dengan menggunakan modul timer, solenoid valve akan terbuka selama waktu yang telah ditentukan dan akan menutup secara otomatis setelah waktu timer tercapai.

Berikut adalah gambar diagram instalasi modul Timer TMR01 untuk mengontrol solenoid-valve pengisian air minum galon isi-ulang.

tmr01_solenoid_valve

SS1 adalah selector-switch yang ketika ON akan mengaktifkan modul power-supply 12VDC yang kemudian akan menghidupkan modul timer.

Solenoid-valve dapat diaktifkan dengan 2 cara, yakni menggunakan timer atau manual. Pertama dengan menekan tombol push-button PB1, dan yang kedua adalah dengan mengaktifkan modul timer TMR01.

Modul Timer TMR01 memiliki sebuah Tombol START yang berfungsi untuk mengaktifkan countdown timer. Sesaat setelah Tombol START ditekan dan dilepas, timer akan mengaktifkan relay dan melakukan penghitungan waktu mundur dengan durasi yang dapat diatur menggunakan tombol operasi pada modul timer. Ketika waktu telah mencapai 00.0, secara otomatis relay akan dimatikan oleh modul timer.

Dengan mengaplikasikan modul timer untuk mengontrol kerja solenoid-valve, maka diharapkan pengisian air minum ke dalam galon menjadi lebih cepat dan lebih tepat.

Pengaplikasian timer memang bukan solusi yang terbaik, karena boleh jadi dengan volume/level air dalam tangki yang berbeda, tekanan air pun berbeda sehingga debit air per satuan waktu pun menjadi berbeda.

Solusi yang terbaik adalah menggunakan flow-meter yang dapat menghitung volume aliran fluida tanpa tergantung tekanan air. Namun demikian, investasi untuk solusi ini juga jauh lebih tinggi dibanding pengaplikasian modul timer.

Dengan adanya tombol MANUAL untuk mengoperasikan solenoid-valve, maka jika memang terjadi kekurangan volume pengisian dengan menggunakan timer ketika level air dalam tangki rendah, maka operator dapat menambah secara manual menggunakan tombol MANUAL tersebut.

Demikian sekelumit contoh aplikasi timer TMR01 untuk mengontrol kerja solenoid-valve pada depo pengisian air minum isi-ulang. Masih banyak masalah otomasi yang dapat diselesaikan dengan modul timer TMR01. Stay tuned…

Informasi harga dan pemesanan dapat Anda lihat di situs: http://teknikelektrolinks.com.

Selamat berkarya!

Smile

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 161 other followers

%d bloggers like this: