Home > AVR, Driver Relay, Elektronika, Home Industry, Industrial Control and Automation, Linux dan PC Kuno, Maintenance, Mikrokontroler, PHP, Software/Programming, VB.NET > Mengendalikan Peralatan Listrik Dari Port Paralel Dengan Modul LPT-AC220V

Mengendalikan Peralatan Listrik Dari Port Paralel Dengan Modul LPT-AC220V


Mengendalikan peralatan listrik dari komputer merupakan salah satu kemampuan yang ingin dimiliki oleh sebagian besar pengguna komputer. Tak hanya orang elektro dan informatika saja, tapi kalangan penghobi elektronika pun seringkali membutuhkan rangkaian antarmuka untuk mengendalikan peralatan listrik dari komputer.

Nah, jika Anda membutuhkan modul driver untuk mengaktifkan beban AC 110/220V melalui port paralel komputer, maka modul LPT-AC220V sangatlah cocok untuk dipertimbangkan. Modul satu-keluaran tanpa suplai catu daya eksternal ini sangat cocok untuk aplikasi pengendalian peralatan listrik dari port paralel komputer menggunakan program yang sangat sederhana.

Contoh aplikasi sederhana namun sangat bermanfaat adalah bel sekolah otomatis. Dengan modul LPT-AC220V, kita dapat menghidupkan dan mematikan bel sekolah secara otomatis melalui komputer. Dengan program penjadwalan sederhana, kita dapat membangun sistem bel sekolah otomatis dengan biaya yang sangat terjangkau!

Contoh aplikasi lainnya adalah pengendali palang pintu parkir, pereset otomatis untuk modem, pengontrol penyiram tanaman, dan lain-lain.

Gambar disamping adalah screenshot program pengujian modul LPT-AC220V yang saya buat menggunakan Lazarus pada sistem operasi Windows XP.

Program menggunakan file inpout32.dll dari logix4u.net. Ketika tombol ON ditekan, maka program akan menuliskan nilai 255 (1111-1111) ke port data LPT yang akan mengaktifkan optotriac dan triac sehingga arus akan mengalir ke beban dan bebanpun akan menyala. Jika tombol OFF ditekan, maka program akan menuliskan nilai 000 (000-000) ke port data LPT, dan beban pun akan mati.

Tak hanya Lazarus, pengguna VB pun dapat memanfaatkan modul ini dengan mudah, berikut adalah tampilan contoh program pengendalian peralatan listrik menggunakan modul LPT-AC220V menggunakan program VB.NET 2005 Express Edition.

Program VB.NET juga menggunakan file inpout32.dll sebagai pustaka interface port paralel.

Sangat mudah untuk diimplementasikan pada aplikasi pengendalian peralatan listrik Anda di rumah, kantor, lab, maupun pabrik.

Jika Anda ingin mengontrol peralatan listrik AC 110/220V dan membutuhkan modul antarmuka komputer melalui port paralel yang handal dan tanpa ribet, maka modul LPT-AC220V sangat layak untuk dipertimbangkan.

Program demo modul LPT-AC220V yang terbaru dapat Anda download melalui link berikut ini:

Download program demo LPT-1REL / LPT-AC220V

Produk-produk yang sejenis dapat Anda lihat di situs Teknik Elektro Links dengan alamat: http://teknikelektrolinks.com. Dan berikut adalah beberapa contoh aplikasi pengendalian relay yang sangat menarik untuk disimak.

http://telinks.wordpress.com/2013/01/20/mengendalikan-peralatan-listrik-via-internetweb-dengan-starduino-board/

http://telinks.wordpress.com/2013/01/22/mengontrol-modul-driver-relay-serial-ser-6rel-via-internetweb-menggunakan-php/

http://telinks.wordpress.com/2012/12/30/mengontrol-4-relay-via-sms-menggunakan-starduino-modul-drv04-modem-gsm-wavecom-1306b-2/

Produk-produk Teknik Elektro Links harus melewati tahap pengujian sebelum dikirim kepada pembeli atau pemesan. Foto dibawah ini adalah foto pengujian modul LPT-AC220V untuk mengendalikan lampu pijar 60W.

Modul LPT-AC220V dilengkapi dengan sebuah CD yang berisi installer VB.NET 2005 Express Edition dan contoh program (source code). Anda dapat mempelajari teknik pemrogramannya secara langsung dan memodifikasinya untuk disesuaikan dengan aplikasi yang Anda butuhkan.

Jika Anda berminat untuk memiliki modul driver LPT-AC220V ini, Anda bisa mengunjungi situs http://teknikelektrolinks.com.

Tersedia juga modul LPT-4REL dengan jumlah keluaran 4 buah relay yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol peralatan listrik AC maupun DC. Jika Anda membutuhkan modul relay-driver dengan koneksi port serial RS232, maka produk-produk SER-1REL, SER-2REL, dan SER-4REL dapat menjadi pilihan bagi Anda.

Selamat berkarya!

:D

About these ads
  1. May 5, 2011 at 9:09 pm | #1

    wow… menarik sakali gan… sayang jurusan sy informatika bukan elektro… jd agak kurang paham… heheh… :D

    • chandramde
      May 6, 2011 at 6:07 am | #2

      Terima kasih atas komentarnya. Modul LPT-AC220V tidak memerlukan pengetahuan elektronika untuk dapat mengaplikasikannya, karena memang dirancang untuk siap-pakai dan mudah digunakan. Cukup dengan mengetahui cara pemasangan kabel sumber tegangan PLN dan kabel beban, serta teknik pemrograman antarmuka port paralel menggunakan INPOUT32.DLL, maka kita dapat membuat aplikasi pengontrolan peralatan listrik melalui komputer. Saya bisa kirimkan source-code contoh programnya jika diinginkan.

      Selamat berkarya! :D

  2. mursyid
    May 18, 2011 at 8:46 pm | #3

    Pak Chandra MDE… bisa saya dapatkan kode sumber program kontrol modul LPT tersebut? terima kasih banyak

  3. fahrul
    May 18, 2011 at 9:31 pm | #4

    beli rangkaianya dimana?

    • chandramde
      May 19, 2011 at 5:03 am | #5

      Modul bisa dipesan melalui email ke telinks@telkom.net atau SMS ke 08383-4849-975. Harga 50rb.

      Terima kasih. :D

  4. gerald
    May 19, 2011 at 9:35 pm | #6

    gan, saya membuat perogram pengontrolan lampu dengan visual basic 6 dan pengontrolannya menggunakan port LAN sebagai pengendalai ke lampunya…
    bagaimana cara membuat rangkaiannya….
    please gan tolong di bantu…

    terimakasih sebelumnya

  5. fahrul
    May 21, 2011 at 11:01 am | #7

    saya mau mesan rangkaian untuk pengontrolan motor induksi 3 fasa( rangkaian soft starting dengan ATmega89s51)ada gakya….tu rangkaian digunakan untuk mengurangi besarnya arus start pada motor induksi 3 fasa……

  6. rahmad
    May 26, 2011 at 9:34 am | #8

    ass.. saya mau tanya di gambar tampak bola lampu dengan kabel warna coklat. itu jelas .kalo kabel warna putih ke mana di hubungkn? apakah ke jaringan listrik ?terima kasih

    • chandramde
      May 26, 2011 at 9:59 am | #9

      Wa’alaikumsalaam…
      Kabel putih itu kabel source AC220V, sedangkan kabel coklat (orange) adalah kabel ke beban (lampu).
      Kelebihan modul ini adalah tidak memerlukan catu daya eksternal untuk rangkaiannya.
      Demikian, Mas Rahmad. :D

  7. gerald366
    June 3, 2011 at 8:44 am | #10

    pak klo pengontrollannya melalui port ethernet ituh gimna ya pak, mohon bantuannya pak….
    saya abuat aplikasi pengontrollan lampu dengan visual basic melalui port ethernet,

    • chandramde
      June 3, 2011 at 2:02 pm | #11

      Ethernet hanyalah digunakan sebagai port komunikasi data saja, jadi sebagai antarmuka yang menghubungkan komputer dengan peralatan eksternal bisa berupa port paralel atau port serial.
      Dengan memanfaatkan LAN yang menggunakan port ethernet, maka pengontrolan dapat dilakukan secara remote dari jauh (dari PC lain).
      Jadi, yang mengontrol lampu adalah sebuah PC melalui port paralel atau port serial. Program pada PC pengontrol ini, selain dapat mengendalikan lampu melalui port paralel, program juga dapat berkomunikasi dengan program pada PC lain melalui port ethernet. Jadi ketika PC lain memberikan instruksi, maka PC lain tersebut mengirimkan instruksinya melalui LAN ke PC kontrol. Setelah instruksi diterima oleh PC kontrol, maka PC kontrol akan menyalakan/mematikan lampu sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh PC lain tersebut.
      Demikian. Jika kurang jelas dapat menghubungi lagi melalui komentar atau email.
      Terima kasih :D

  8. gerald366
    June 3, 2011 at 9:09 pm | #12

    klo hanya satu komputer gmna pak, dari komputer itu langsung mengontrol menggunakan port ethernet ke lednya tanpa menggunakan computer lain…

    • chandramde
      June 4, 2011 at 9:29 pm | #13

      Bisa, tapi harus menggunakan modul ethernet-to-serial, setelah itu data dari ethernet yang telah diubah menjadi serial dibaca oleh mikrokontroler untuk kemudian diproses oleh mikrokontroler. Mikrokontroler akan menyalakan atau mematikan LED sesuai dengan instruksi yang dikirimkan oleh PC melalui port ethernet.

      Demikian, semoga bermanfaat. :D

  9. gerald366
    June 4, 2011 at 11:12 pm | #14

    rangkaiian mikrocontrollernya gimana ya pak..
    mohon bantuannya dong pak…..

    • chandramde
      June 5, 2011 at 12:37 pm | #15

      Untuk modulnya bisa beli jadi. Banyak kok, bisa cari di toko-toko online. Kalau bikin sendiri enggak praktis menurut hemat saya, meskipun harganya juga tidak murah.
      Kalau solusi murah ya seperti yang saya jelaskan pada komentar sebelumnya, jadi pengontrolan tetap melalui port paralel, jadi nantinya program pada PC yang menerima data dari LAN dan kemudian melakukan pengontrolan melalui port paralel sesuai dengan instruksi yang diberikan.
      Tapi kalau tujuannya ingin membuat embedded web-server, maka harus menggunakan modul ethernet-to-serial dan mikrokontroler.

      Demikian, semoga membantu. :D

  10. gerald366
    June 5, 2011 at 2:58 pm | #16

    oke deh pak….
    link buat tempat blinnya ada gg pak…

    klo rangkaian lednya sendiri bentuknya gmna yah pak, biar modul saya bli rangkaian led.a buat sendiri..

    sekalian konfigurasi di program visual basic untuk pemanggilan port/ mengirimkan sinyalnya gmna ya pak….

    maaf pak klo banyak tanya, soalnya lagi belajar pak…

  11. sobeb
    June 13, 2011 at 2:27 pm | #17

    mas, mau tanya kalau inpout32.dll kan hanya bisa digunakan di windows, kira2 kalo yang buat linux pake apa ya?

  12. August 22, 2011 at 2:27 pm | #18

    di gambar itu ada trafo untuk apanya pak? thanks

    • chandramde
      August 22, 2011 at 3:05 pm | #19

      Trafo tersebut bukanlah bagian dari rangkaian, cuma kebetulan masuk dalam area foto saja. :)

  13. ojik
    October 3, 2011 at 11:58 pm | #20

    bisa gak pak membuat rangkaian mikro kontroller AT89C51 untuk mengendalikan start awal motor induksi 3 fasa

    • chandramde
      October 6, 2011 at 7:11 am | #21

      Sebelumnya, mohon dijelaskan tentang ‘mengendalikan start awal’.
      Kalau mengendalikan kontaktor starter motor 3 fasa, baik itu DOL maupun Star-Delta, mikrokontroler dapat digunakan untuk keperluan tersebut.
      Demikian, Mas Ojik. Semoga membantu, jika membutuhkan bantuan lebih lanjut silakan kontak melalui email ke telinks@telkom.net
      Terima kasih.

  14. ojik
    October 19, 2011 at 1:52 pm | #22

    ohhh…pak tolong beri tau gimana membuat rangkaian pengontrolnya buat kontrol starter motor tersebut…atau sofwer untuk merangkainya pak.trimakasi sebelumnya

  15. benny
    June 21, 2012 at 11:13 am | #23

    Gan mantap…jika saya ingin buat agar bisa mengendalikan 12 perangkat listrik bisa? misalnya saya mengunakan 12 tablet pc jika saya charge penuh maka saya akan matikan lewat komputer. jadi di matikan 1 per satu misalnya tablet 1 mati abis th tablet 2 sejam kemudian saya matikan…intinya bisa gak kendalikan 12 perangkat sekaligus. minat beli ni gan untuk perusahaan.

  16. hendra ramadhani
    July 10, 2012 at 2:58 pm | #24

    assalamualaikum mas chndra,kira-kira saya bisa dapatkan modul + program nya gimana,dan untuk harga kira-kira berapa mas. perangkat ini sangat berguna sekali, sekaligus sebagai bahan pembelajaran untuk saya.
    mohon di balas ya mas, trima kasih.

  17. hendra ramadhani
    July 10, 2012 at 7:17 pm | #26

    ok mas chandra terimakasih,
    saya sudah lihat list harga sma produk nya.

  18. Ichsab
    November 23, 2012 at 6:29 pm | #27

    Pak bisa tidak law kontrolnya menggunakan notebook??
    kalau bisa port apa yang digunkan di notebook tersebut??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 153 other followers

%d bloggers like this: