Kompiler C Terbaik Untuk Mikrokontroler AT89S51/52/53/8252


Kata ‘terbaik’ pada judul di atas adalah murni pendapat saya pribadi, meskipun saya merasa yakin banyak pengguna kompiler ini yang akan sependapat dengan saya. Namun demikian, terbaik pun masih bersifat sangat relatif. Terbaik bagi saya, belum tentu terbaik bagi orang lain. Demikian juga sebaliknya, terbaik menurut orang lain, belum tentu terbaik menurut saya. Jadi singkat kata…

E-h-e-m!!!!!

Maaf kalau sedikit melantur… :D

Kompiler C terbaik untuk mikrokontroler keluarga MCS-51 yang saya rekomendasikan di sini adalah uC/51 V1.20.04 dari www.wickenhaeuser.com. Kompiler ini memang tidak sepopuler Keil C51, Reads51 dari Rigelcorp, atau SDCC buatan Sandeep Dutta. Namun demikian, ada beberapa pertimbangan yang penting sehingga saya merekomendasikannya sebagai kompiler C terbaik untuk mikrokontroler keluarga MCS-51, khususnya AT89S51/52/53/8252/8253. Diantaranya adalah:

  • Mampu menghasilkan kode yang efisien, bahkan lebih efisien dibanding kompiler-kompiler dengan nama besar di atas.
  • Versi demonya mengijinkan kita untuk menghasilkan kode sebesar 8KB. Ini jauh lebih besar dibandingkan dengan kompiler C yang lain.
  • Selain itu, versi demonya juga mengijinkan kita menggunakan fungsi printf() dan fungsi-fungsi floating-point. Ini boleh dibilang semacam berkah!
  • Instalasi programnya tidak mengadakan perubahan apapun pada sistem operasi dan dapat dihapus total dengan menggunakan program uninstaller-nya.
  • Software dapat berjalan pada sistem operasi Windows95 atau yang lebih baik, sehingga jika Anda masih menggunakan PC 486 atau P-1, maka Anda tetap bisa menggunakan kompiler C terbaik ini.
  • Kompiler C memenuhi standar Full ANSI C. Jadi Anda bisa gunakan buku pemrograman bahasa C umum untuk mempelajari pemrograman C untuk mikrokontroler, tentunya dengan penyesuaian karena keterbatasan resource pada mikrokontroler.

Selain poin-poin hebat diatas, paket program ini tidak dilengkapi dengan IDE yang hebat dan masih menggunakan Makefile untuk proses kompilasinya. Hal ini terasa sedikit kurang nyaman untuk digunakan. Akan tetapi tidak akan sulit lagi jika sudah terbiasa. Tapi yang saya tonjolkan disini adalah kehebatan kompilernya, bukan paket pendukungnya. Berikut tampilan IDE dan Makefile Wizard dari uC/51.

Download Link

Silakan Anda mengunduh dulu paket installer program uC/51 dari Wickenhaeuser menggunakan link di bawah ini. Dan setelah itu langsung saja Anda instalasi dan berkenalan dengan kompiler C terbaik versi saya untuk mikrokontroler keluarga MCS-51.

uC/51 v1.20.04

( 7,82MB )

Tulisan ini saya tulis karena mengetahui bahwa masih banyak pengguna mikrokontroler AT8S51. Hal ini saya ketahui dari banyaknya respon tulisan-tulian saya yang membahas masalah seputar mikrokontroler ini. Jadi insya Allah, kedepannya saya akan menulis lebih banyak lagi materi tentang mikrokontroler ini.

Oke, sekian dulu dan selamat belajar!

:D

About Chandra MDE

I'm just a guy...

Posted on May 15, 2010, in Gratisan, MCS51, Mikrokontroler, Software/Programming and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. gimana ya om cara buat pedal midi drum buat keyboard! mrogramnya juga pakek apa ya!…bingung

  2. Ass, Mas saya sudah tidak muda lagi, tetapi semangat untuk belajar dan mengetahui lebih banyak tentang elektronik sangat besar, walaupun saya baru di blog ini, tapi saya tetap berkeinginan untuk belajar dan belajar sekedar menambah ilmu elektronik saya yang masih secuil, Makasih atas tulisan-tulisannya, semoga bermanfaat bagi yang membacanya, wassaalam …

  3. ada solusi tentangpersamaan ic MAX 232

  1. Pingback: Menulis program 89S51 dengan bahasa C | Abi Sabrina

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 169 other followers

